Ternyata Gadget Berdampak Buruk Pada Leher

Share

Anda menderita leher tegang akibat sering memainkan BlackBerry? Pakar chiropractic mengatakan kegilaan orang pada smartphone menyebabkan banyak orang cedera.

Cedera pertama adalah ibu jari di mana banyak pecandu gadget asyik menekan tombol untuk berkirim pesan teks. Cedera selanjutnya adalah punggung dan leher. Spesialis tulang belakang dan leher mengatakan, terjadi peningkatan jumlah pasien yang menderita sakit leher akibat terlalu banyak membungkuk kala beraktivitas dengan telepon dan komputer.

Mereka menduga munculnya smartphone dan komputer tablet menjadi pemicunya, belum lagi bermain game dan browsing internet yang kerap untuk jangka lama. Bahkan untuk komputer tablet, para pengguna sering menempatkannya di pangkuan sehingga leher mereka lebih membungkuk.

Rata-rata berat kepala manusia 4,5 kg-9 kg dan membiarkannya pada posisi sama selama berjam-jam membuat leher lebih sulit untuk menopangnya. Alhasil, kemungkinan nyeri dan kekakuan meningkat yang berimbas pada lengan, bahu, dan pergelangan tangan. Sakit kepala, bahkan arthritis pun dapat berkembang.

“Bayangkan Anda duduk berlutut selama 10 menit, kaki pasti akan terasa kaku dan sakit ketika kembali ke posisi semula. Itulah yang orang lakukan dengan leher mereka,” kata Rachael Lancaster, chiropractor dari Freedom Back Clinics, seperti dikutip Dailymail, Rabu(12/10/2011).

Baca Juga :   Pre Order BlackBerry Porsche Design P9983 di Buka 22 - 30 november 2014

Ia menambahkan, “menyiksa” leher dengan gadget dapat mempercepat degenerasi rematik jika tidak diobati. Karenanya ketika leher mulai sakit, ia menyarankan untuk Anda memeriksakan diri.

“Sebagian orang ketika masuk mobil, mengemudi ke kantor lalu bermain laptop, memainkan ponsel di jam istirahat, mulai pagi hingga malam hari, itu benar-benar tidak sehat. Tubuh kita tidak diciptakan untuk berlama-lama duduk dan membungkuk di depan layar komputer dan ponsel,” sahut fisioterapis Nicola Hunter.

Namun menurutnya, aktivitas seperti inilah yang dilakukan banyak orang terhadap leher mereka. Jika orang terus-menerus menyiksa leher di posisi tersebut, tubuh secara bertahap akan mengalami stres.

“Karena kepala dan leher semestinya dipakai bergerak, jika tidak, maka akan melawan penciptaan alami leher. Perubahan postural akan terjadi, yang dapat menyebabkan masalah serius,” tukasnya.

Berikut, lima tip sehat ber-gadget ria:
Ambil waktu istirahat teratur dari bekerja di depan layar komputer ataupun ponsel.
Lihatlah lurus ke depan setiap beberapa menit, tarik dagu kembali ke leher dan tahan posisi itu selama beberapa detik.
Putar bahu Anda dengan tangan di samping badan untuk meningkatkan aliran darah ke bahu.
Duduk tegak setiap kali mengetik.
Letakkan telepon sedikit lebih tinggi dari leher ketika mengetik.
Ref:ftr/okezone

Share