5 Web Browser Pilihan Untuk Android

FacebookTwitterShare

 Web Browser

Sejatinya ada puluhan web browser bagus tersedia untuk perangkat Android, tergantung pada fitur yang Anda cari. Apakah sinkron dengan desktop Anda, browsing super-cepat, atau didukung untuk menghidupkan navigasi, Anda memiliki pilihan yang berlimpah. Kali ini, lifehacker telah menyeleksi 5 browser untuk perangkat Android terbaik berdasarkan nominasi pengguna.

1.    Firefox
Firefox untuk Android telah hadir jauh hari sejak versi beta-nya. Cepat, gratis, sepenuhnya mendukung Firefox Sync, jadi bila Anda menggunakan Firefox di desktop, akan mengantar pada bookmark dan password Anda. Ini adalah browser mobile pertama yang benar-benar mendukung Do Not Track, dan “Awesome Page” start screen yang menampilkan semua tab yang baru saja Anda kunjungi, sehingga membantu Anda mendapatkan kembali apa yang telah Anda lacak sebelumnya. Bahkan mendukung add-ons dan Personas.

2.    Chrome
Chrome untuk Android akhirnya meninggalkan beta bulan lalu, berarti kini dapat terus menjadi “stock” browser baru pada perangkat Android dengan asumsi Anda menjalankan Android 4.0 Ice Cream Sandwich atau di atasnya. Bila Anda menjalankan ICS atau Jelly Bean, Chrome untuk Android sudah selayaknya di-download. Mendukung Incognito Mode browsing, bookmark syncing via Chrome Sync, dan pada update terbaru, sekarang mendukung search syncing, tab syncing, dan banyak lagi. Chrome untuk Android juga dioptimalkan untuk mobile. Satu-satunya kelemahan adalah bahwa Google belum menyediakannya untuk ponsel yang menjalankan Gingerbread atau pun tablet yang terjebak dengan Honeycomb.

3.    Dolphin Browser HD/Mini
Option dan tool Dolphin tak tertandingi, bahkan jika dibandingkan dengan browser yang mempunyai nama besar. Mendukung puluhan plug-in pihak ketiga dan tool untuk memperluas fitur-fiturnya, memiliki built-in speech-to-text berkat Dolphin Sonar, mendukung on-screen gestures untuk membuka bookmark dan menavigasi di halaman, dan hadir dalam dua selera: versi “HD” untuk ponsel yang dapat menangani semua fitur-fiturnya, dan versi “Mini” untuk pemilik perangkat yang menginginkan kecepatan dan kinerja tajam.

4.    Boat Browser/Mini
Kembali ke hari-hari awal Android, salah satu browser pertama yang menantang stock browser adalah Miren—sebuah aplikasi yang sekarang lenyap. Miren adalah browser yang hebat dan kaya fitur, tetapi untuk alasan yang tidak diketahui, kini sulit untuk menemukannya. Jika Anda menyukai Miren, Browser Boat adalah penerus spiritualnya. Cepat, ringan, dan benar-benar gratis, mendukung add-ons, memiliki mesin kontrol suara yang kuat (sehingga Anda dapat mengatakan “Facebook” dan browser akan memunculkan Facebook untuk Anda), dan banyak lagi.

5.    Mini
Jika Anda penggemar Opera pada desktop, Opera Mobile akan sesuai dengan Anda. Opera Mobile mendukung Opera Link, sehingga Anda dapat melakukan sinkronisasi bookmark, speed dial, dan preferensi pengguna lain dengan menginstal Opera desktop. Selain itu, Opera Mobile cepat, gratis, dan bahkan memiliki mini-app store sendiri, penuh dengan add-ons pihak ketiga yang meningkatkan browser atau game, sehingga membuatnya lebih menyenangkan untuk digunakan.

Manakah yang Paling asik buat Anda?