“Aksara Jawa” Bakal Bersaing di Forum Microsoft Partners Global Di Ceko

Share

“Aksara Jawa” Bakal Bersaing di Forum Microsoft Partners Global Di Ceko

Dua guru inovatif akan berjuang mempertahankan karyanya yang berusaha mengenalkan Indonesia dan aksara Jawa di ajang Microsoft Partners in Learning Global Forum 2012 di Praha, Republik Ceko, 28 November hingga 1 Desember mendatang.

Acara ini adalah forum tahunan untuk guru-guru inovatif dari seluruh dunia yang digelar Microsoft. Kedua guru Indonesia yang akan tampil di sana adalah Estu Pitarto dari SD Islam Al Azhar 14, Semarang, dan Nura Uma Annisa dari KB-TK Islam Al Azhar 22, Semarang.

“Kedua guru ini akan mempresentasikan hasil karya mereka berupa teknik pengajaran berbasis teknologi informasi yang telah mereka aplikasikan,” kata Partners in Learning Manager Microsoft Indonesia, Obert Hoseanto, dalam jumpar pers di Jakarta, Selasa (13/11/2012).

Ia menambahkan, kedua guru ini juga akan mengikuti berbagai workshop yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan dalam mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar.

Estu Pitarto, membuat media pembelajaran berupa kepingan CD interaktif berjudul “Ayo Sinau Aksara Jawa,” yang membuat belajar aksara Jawa menjadi menyenangkan. Ia memadukan metode belajar dengan permainan puzzle. “Dengan permainan puzzle, anak-anak bisa belajar aksara Jawa sambil bermain,” katanya.

Baca Juga :   Game Anak Bermain Sambil Belajar Matamatika - Fruit Ninja: Math Master

Pada awalnya, CD interaktif ini hanya ditujukan khusus kelas 3 SD. Sehingga isi materinya masih sederhana sesuai kurikulum yang diajarkan di SD kelas 3. Kendati demikian, CD interaktif ini bisa digunakan bagi siapa saja yang mempelajari aksara Jawa.

Sedangkan Nura Uma Annisa, membuat program multimedia pembelajaran interaktif bertajuk “Mari Mengenal Indonesia.” Ini merupakan alat bantu mengajar untuk anak TK yang memperkenalkan Indonesia, mulai dari bendera dan lambang Indonesia, Presiden dan Wakil Presiden, pahlawan, pakaian adat, rumah adat, lagu nasional, hingga kebudayaan lainnya.

“Penyampaian materi belajar program ini menggunakan gambar, suara, video, animasi, dan game yang dapat menarik perhatian murid,” jelas Nura.

Program multimedia “Mari Mengenal Indonesia” ini telah digunakan oleh banyak sekolah di Indonesia, dan sekolah Indonesia di luar negeri.

Kedua guru ini telah menjadi pemenang Microsoft Partners in Learning Asia Pacific Forum 2012 di Auckland, New Zealand, Maret lalu. Estu menjadi Indonesia Country Winner, sedangkan Nura menjadi Runner Up kategori Innovation in Challenging Context.

Baca Juga :   Boom Beach , Game Strategi Pilihan di Android

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyambut baik keikutsertaa kedua guru inovatif ini di ajang Microsoft Partners in Learning Global Forum 2012. Kepala Bidang Multimedia dan Web Pustekkom Kemendikbud, Sri Hargyanto Suryoprayudo mengatakan, e-learning dan e-training semakin mewarnai kegiatan pengembangan profesi guru yang berkelanjutan.

Kemendikbud juga memiliki kegiatan tahunan Kihajar Awards, berupa kompetisi bagi seluruh elemen pendidikan di Indonesia, termasuk guru. “Guru-guru yag menang dalam Kihajar Awards akan diikutsertakan dalam ajang Microsoft Partners in Learning Global Forum selanjutnya, agar mereka punya pengalaman kompetisi tingkat internasional,” tutup Sri Hargyanto

Share