Aplikasi Draw Something dengan Samsung Galaxy Note

Share

Aplikasi Draw Something dengan Samsung Galaxy Note

Aplikasi Draw Something jadi salah satu game paling laris di platform Android. Game itu diunduh hingga 10 juta kali dalam waktu beberapa minggu saja di Google Play.

Harus diakui, game itu sebenarnya sederhana saja. Seorang pemain akan menggambar sesuai petunjuk kata tertentu, dan pemain lain akan menebak gambar itu.

Tapi dari kesederhanaan itu justru muncul peluang bermain yang seru. Ini karena permainan dilakukan benar-benar antar orang, bukan sekadar bermain “lawan komputer”.

Ramainya Draw Something membuat KompasTekno teringat pada perangkat Samsung GALAXY Note. Dalam beberapa event, perangkat smartphone sekaligus tablet itu digunakan sebagai “alat gambar” yang meramaikan booth Samsung. (Baca: Rela Antre Panjang di Stand Galaxy Note)

Itulah yang mendorong KompasTekno untuk kembali mengulas Galaxy Note, kali ini dengan fokus pada perangkat itu sebagai alat gambar.

Draw Something

Aplikasi pertama yang dicoba adalah menggunakan Samsung GALAXY Note untuk menggambar di Draw Something. Efeknya jelas terasa. Dengan perangkat Android lain, selama ini menggambar di Draw Something dilakukan dengan ujung jari.

Hasilnya, selain tergantung dari kemampuan pemain, memang agak canggung. Namanya juga menggambar dengan jari.

Nah, dengan S Pen di Samsung GALAXY Note, performa bermain Draw Something meningkat tajam. Gambar dengan detail yang lebih bisa dihadirkan. Tak sekadar menunjukkan gambar untuk ditebak, Draw Something kemudian bisa jadi unjuk kemampuan gambar yang layak untuk dipamerkan.

Baca Juga :   Perbedaan Samsung Galaxy Note 2 dengan Samsung Galaxy Note

Faktor pendukung lainnya dari Samsung GALAXY Note adalah layarnya yang lebar serta tampilan yang tajam dan terang.
Corat-Coret Lainnya

Gara-gara Samsung GALAXY Note, aksi coret-mencoret di Draw Something jadi makin “nyandu”. Sayangnya game itu terbatas pada interaksi lawan main. Untuk memenuhi “kecanduan menggambar” tadi, beberapa aplikasi corat-coret lain pun dicoba.

Pertama adalah S Memo yang memang sudah dibundel dalam Samsung GALAXY Note. Aplikasi ini terbilang cukup memenuhi kebutuhan corat-coret sehari-hari. Aplikasi itu memiliki beberapa pilihan pena, mulai dari pulpen,pensil, kuas dan highlighter. Gambar atau foto juga bisa ditempelkan dalam Memo untuk kebutuhan mencoret di atas foto.

Tak puas dengan sekadar menggambar di atas S Memo, aplikasi berikutnya yang dicoba adalah Canvas. Aplikasi karya John R Oliver ini kerap disebut salah satu aplikasi melukis paling baik di Android. Ada dua versi aplikasi ini, gratis (lite) dan berbayar (pro). Versi Lite hanya memiliki dua layer dan dua jenis kuas.

Meski demikian, kemampuan itu sudah sangat mencukupi untuk berkarya di atas kanvas digital. Hasilnya pun bisa dibagikan melalui jejaring sosial atau disimpan dalam format JPG dan PNG.

Baca Juga :   Samsung Galaxy Note Olympic Edition Dirilis

Aplikasi lain yang juga dijajal adalah Sketch n Draw dari developer Hyped Games. Aplikasi ini merupakan aplikasi gambar dengan sistem “prosedural”. Sistem itu memungkinkan garis yang dihasilkan di atas layar memiliki efek berbeda dari garis aplikasi gambar biasa. Misalnya, garis yang memiliki efek “berbulu” atau “sarang laba-laba”.

Hal ini memungkinkan hasil coretan yang lebih “artistik” dan tidak datar. Cukup menarik sebagai alat berekspresi.
Tak Sekadar Gambar

Kemampuan pena S Pen pada Samsung GALAXY Note juga bermanfaat untuk aplikasi lain. Salah satu contohnya, aplikasi game Where’s My Water. Game itu meminta pemain untuk menggambar jalur untuk mengalirkan air pada buaya yang hendak mandi. Dengan S Pen, jalur itu bisa lebih presisi.

S Pen juga berguna untuk pengolahan foto pada aplikasi tertentu. Misalnya untuk menentukan area yang akan diburamkan pada After Focus. Selain itu, tombol yang berada di sisi bagian tengah S Pen dapat digunakan untuk membuat screengrab.

Tempelkan ujung S Pen pada layar dan pada saat yang bersamaan tekan tombol tersebut. Samsung GALAXY Note akan otomatis meng-capture tampilan layar.

Kesimpulannya, Samsung GALAXY Note bisa jadi perangkat yang berharga untuk mereka yang hobi corat-coret. Baik sekadar mengisi waktu ataupun yang menggambar dengan serius.kompas.com

Share