Cara Mengoptimalkan Fungsi Tablet Android

FacebookTwitterShare

Cara Mengoptimalkan Tablet Android

Tablet Android saat ini makin populer di kalangan masyarakat,dan banyak produsen gadget saat ini membuat perangkat ini ,karena desainnya yang menarik dan juga bisa digunakan dengan mudah tablet android menjadi salah satu pilihan utama pengguna dalam memilih gadget ini.

Selain fungsinya yang sangat berguna,perangkat tablet juga mempunyai aplikasi yang banyak mendukung dalam aktifitas sehari hari,seperti bermain Game Android Space yang sudah bisa digunakan di android ,namun apakah perangkat tablet android anda saat ini sudah berfungsi secara optimal kepada keseluruhan sistem yang ada,nah buat yang masih ingin mengoptimalkan fitur di tablet android,berikut ini ada Tips Mengoptimalkan Tablet Android yang mungkin bisa bermanfaat .

1. Android Market

Jika kita menggunakan Tablet berbasis Android, kita akan dimanjakan dengan banyaknya aplikasi gratis yang tersedia di Android Market.

Namun kita membutuhkan email dari Google untuk dapat mengaksesnya. Jika Anda belum punya, Anda dapat mendaftar melalui account gmail. Proses pembuatannya cukup mudah; Anda hanya mengisi beberapa informasi data diri yang diminta serta nama akun beserta password.

Alternatif lain, khusus pengguna smartphone dan tablet Samsung, tersedia berbagai aplikasi untuk mengoptimalisasikan tablet Anda di Samsung Apps. Kunjungi http://www.samsung.com/id/samsung-apps/index.do untuk aplikasi pilihan Anda.

2. Berlangganan Paket Internet

Setelah terhubung ke server Google, tablet Anda akan terus menggunakan data untuk meng-update berbagai aplikasi termasuk push mail dan social media. Dan tentunya, hal ini akan menguras pulsa Anda lebih cepat. Solusinya, Anda dapat berlangganan paket internet yang disediakan operator selular Anda. Operator biasanya memberikan pilihan berdasarkan waktu (harian/mingguan/bulanan) dan besaran data.

3. Menggunakan Aplikasi Cleaner

Aplikasi cleaner bisa menjadi alternatif untuk memaksimalkan kinerja Android Anda. Karena Aplikasi cleaner mampu menghapus secara otomatis semua cache dan history pada interval waktu tertentu, juga menghapus semua catatan pencarian dan navigasi browser history.

Membersihkan cache akan membantu meningkatkan kinerja tablet Android Anda. Selain itu, masa pakai baterai juga menjadi lebih lama. Contoh Aplikasi Cleaner yang bisa Anda download yaitu 1Tap Cleaner, dan App Cache Cleaner. Keduanya bisa didapat secara gratis di Android Market.

4. Mengamankan Ponsel

Tablet Android bisa dipastikan memiliki layar sentuh, sehingga begitu riskan jika Anda tidak mengunci tablet Anda. Solusinya, Anda dapat menggunakan fungsi kunci layar dengan membuat gestur (pola) tertentu, atau bisa juga dengan menuliskan kata sandi untuk melindunginya.

Anda dapat menemukan fitur ini di pengaturan, submenu Lokasi, dan pengamanan. Setelah itu, pilih tetapkan kunci layar. Anda bisa tentukan sendiri jenis pengamanan yang akan digunakan. Jika fitur pengamanan ini dirasa masih kurang, Anda dapat mengunduh aplikasi lain yang sejenis dari Android Market.

5. Fitur Underclock

Keluhan seperti penggunaan baterai yang boros sering disuarakan para pengguna Android. Untuk mengurangi dampak ini, Anda dapat mencoba fitur underclock yang bisa diakses secara langsung dari menu. Fungsinya adalah untuk menurunkan kecepatan prosesor Android Anda.

Jika sebelumnya Prosesor Android Anda berada di kecepatan 1Ghz, setelah di-underclock akan menjadi 800 Mhz. Tak perlu khawatir tablet Android berkurang drastis kinerjanya, sebab saat Anda sedang tidak menjalankan aplikasi berat, fitur yang satu ini merupakan solusi tepat untuk menghemat penggunaan baterai.(kompas)

Itulah Tips Mengoptimalkan Tablet Android yang perlu anda coba