Indonesia Beraksi di Tokyo Game Show 2012

Share

Game Show 2012

 

Studio pengembang game dari Indonesia untuk pertama kalinya bakal berpartisipasi dalam Tokyo Game Show (TGS), pada 20-23 September 2012. Undangan tersebut dimanfaatkan sebaik mungkin untuk memperkenalkan potensi industri game nusantara ke pasar Jepang atau bahkan internasional.

Berdasarkan situs resmi TGS, terdapat dua studio game Indonesia yang diundang, yakni Altermyth dan Agate Studio. Keduanya akan menempati seksi Asia New Stars Area.

Di bagian itu, mereka akan menampilkan produk bersama studio pengembang game dari Vietnam, Glass Egg Digital Media, serta negara lain seperti Malaysia dengan Fun and Cool Ventures, Terato Tech, dan Sherman 3D. Tidak ketinggalan pengembang game dari Iran yakni Iran National Foundation of Computer Game.

Hal itu dibenarkan oleh pihak Altermyth dan Agate Studio yang dihubungi secara terpisah, Selasa (28/8/2012). Satu stan yang mereka dapatkan untuk TGS2012 akan diberi nama “Indonesian Game Studios.”

“Di sana, kami akan membuat buklet berisi studio-studio game lainnya yang ada di Indonesia,” ujar Wong Lok Dien, Direktur Altermyth.

Baca Juga :   5 Ponsel Game Lokal Layar Sentuh (Touchscreen) Harga Murah

Saat ini, Altermyth tengah mengumpulkan daftar studio pengembang game untuk dicantumkan dalam buklet. Selain nama, mereka juga mengumpulkan video trailer dari game buatan studio lainnya untuk diputar secara bergantian dalam laptop sewaktu tampil di TGS2012.

Yunita Anggraeni, PR Manager Agate Studio, mengatakan bahwa Chief Operating Officer mereka, Shieny Aprilia, bakal menjadi salah satu panelis dalam Asia Game Business Summit yang menjadi bagian dalam TGS2012 tanggal 20 September.

Shieny, yang menjadi satu-satunya panelis dari Indonesia ini, akan memberikan pendapat dalam diskusi bertema “A New Era of Boundary-less Social and Mobile Games?! What Game Businesses Will Survive in Asia?”

Menurut Yunita, kesempatan untuk berpartisipasi dalam TGS sungguh berharga bagi industri game di Indonesia. Dengan demikian, mereka berkesempatan memperluas pasar ke luar negeri dan semakin dikenal kiprahnya.

TGS2012 adalah pameran game yang digelar setahun sekali di Jepang yang berlangsung sejak tahun 1996. Event ini menjadi kesempatan bagi pengembang game untuk memamerkan judul yang belum dirilis atau yang masih digarap.

Baca Juga :   Kini Harga PlayStation 4 Lebih Murah dari PlayStation 3

Itulah sebabnya, TGS2012 menjadi salah satu acuan dalam industri game dunia karena menjadi referensi utama mengenai game yang akan beredar beberapa bulan kemudian. Pers dari Barat juga menganggap penting event ini seperti halnya Electronic Entertainment Expo (E3).

Peserta TGS2012 juga tidak main-main, meski didominasi pengembang dari Jepang, ada studio yang memiliki reputasi dan kaliber internasional semacam Square Enix, Level-5, Konami, Namco Bandai, Sony Computer Entertainment maupun Tecmo Koei.

Selain Jepang, ada pula negara Asia lain yang diundang semacam China, Hong Kong, dan Taiwan. Selain industri game, TGS juga menampilkan seksi tertentu untuk bidang pendidikan.

Share