Inilah Teknologi yang Bakal Ditinggalkan

Share

Inilah 15 Teknologi yang Bakal Ditinggalkan
Nomor telepon akan segera ditinggalkan konsumen teknologi pada masa mendatang, seiring dengan inovasi dan kehadiran produk-produk baru. “Ketika anak saya tumbuh setinggi rak server komputer, saya terpikir akan semua perangkat elektronika yang tidak lagi dia pakai meskipun pernah sangat berarti bagi ayahnya,” tulis Pengamat teknologi dari Amerika Avram Piltch seperti dikutip laptopmag.


Piltch menyebutkan, 15 peralatan dan konsep teknologi yang masih dipakai saat ini di Amerika Serikat, misalnya nomor telepon. Tapi nanti di masa depan, sebut dia, nomor telepon tidak akan dipakai lagi.

Dijabarkannya, ke-15 teknologi itu yaitu (1) kabel internet rumahan seiring dengan perkembangan layanan komunikasi pita lebar (broadband); (2) kamera foto dan video akibat merebaknya fitur kamera pada telepon selular pintar (smartphone); (3) Jaringan telepon kabel setelah layanan telepon nirkabel meningkat; (4) komputer dengan waktu ‘booting’ lama karena semakin banyak perangkat komputer berakses cepat; dan (5) sistem operasi komputer ‘berjendela’ selepas Microsoft mengembangkan Windows 8 dengan fitur kotak pengguna antarmuka (user interface) yang dapat ditarik pada layar.

Baca Juga :   Runcible,Ponsel Berbentuk Lingkaran Os Firefox 4G LTE

Teknologi lain yaitu, (6) penyimpanan hard drive yang akan diganti sarana penyimpanan berbasis solid (solid-state storage); (7) bioskop dan (8) kacamata tiga dimensi seiring dengan merebaknya televisi dengan kualitas layar tinggi (high definition) dan perangkat suara tiga dimensi; (9) peralatan penunjuk atau tetikus (mouse) setelah ditemukan layar dengan kemampuan sentuh; (10) pengendali jarak jauh (remote control) karena perkembangan kendali dengan gerakan tangan dan suara semakin pesat.

Sementara lima teknologi terakhir yang juga akan ditinggalkan antara lain (11) nomor telepon yang akan diganti dengan obrolan melalui internet dengan kemampuan video seperti Skype, Google Talk, ataupun Facebook audio; (12) waktu utama pada stasiun televisi setelah sejumlah situs televisi menyediakan tayangan via internet (streaming); (13) mesin faksimili yang sampai sekarang juga sudah mulai diganti surat elektronik (e-mail); (14) cakram optik (optical disk) yang akan diganti layanan komputasi awan (cloud); dan (15) komputer meja (desktop) setelah sejumlah perangkat genggam elektronik seperti tablet dan ponsel pintar berkemampuan setara komputer meja.

Share