Motorola Fire XT Spesifikasinya

Share

Motorola Fire XT

Ponsel Motorola Fire XT.Motorola kembali meluncurkan ponsel baru mereka yang diberi nama Fire XT. Sebelumnya vendor asal Amerika Serikat ini telah meluncurkan Motorola Fire XT. Berbeda dengan pendahulunya Fire XT baru yang juga dikenal sebagai Motorola Fire XT XT530, Motorola XT531 atau Motorola SPICE XT ini tampil dengan konsep layar sentuh penuh. Motorola Fire XT lama hadir dengan konsep rancangan QWERTY yang dipadu dengan layar sentuh. Lalu seperti apa fitur, spesifikasi dan rancangan yang ditawarkan oleh Motorola Fire XT baru ini? Simak ulasan ponsel tersebut untuk mengetahui jawabannya.

Rancangan dan antarmuka Motorola Fire XT

Hadir dengan rancangan yang cukup mungil namun kompak, sekilas rancangan Motorola Fire XT mengingatkan kita pada ponsel buatan vendor asal Taiwan, HTC Wildfire. Tetapi jika dibanding dengan ponsel buatan HTC tersebut, Motorola Fire XT memiliki bobot sedikit lebih berat. Ponsel ini terbalut dengan casing yang sebagian bessar berbahan plastik solid. Motorola Fire XT memiliki tampilan yang cukup mewah dan elegan dengan sisi bodi yang dihiasi lis metal. Tetapi sayang, pengguna wajib mencongkel casing ponsel tersebut untuk membukanya. Hal tersebut dapat membuat pengait casing ponsel patah jika pengguna salah menarik sewaktu membuka casing.

Motorola Fire XT hadir dengan rancangan full layar sentuh. Hal tersebut membuat penggunanya untuk mengakses segala fitur dan menu yang terdapat pada ponsel dengan meggunakan teknologi sentuh. Ponsel tersebut mengandalkan sebuah layar sentuh kapasitif berukuran 3.5 inci dengan resolusi 320 x 480 piksel (~165 ppi pixel density).

Menengok ke bagian lebih dalam, interface atau antarmuka Motorola Fire XT hadir dalam struktur menu layaknya ponsel Android lain. Ponsel tersebut menggunakan sistem operasi buatan Google, Android 2.3.4 Gingerbread. Ponsel tersebut juga dilengkapi dengan antarmuka khusus bernama Moto Switch UI.

Melalui perpaduan antarmuka yang ditawarkan, pengguna dapat mengkategorikan berdasarkan hiburan, bisnis dan sebagainya. Selain itu juga terdapat “Friend Widget”, yang berguna untuk mengampilkan daftar kontak beserta semua aktifitas. Pada bagian bawah, ponsel tersebut 4 ikon standar untuk mengakses menu Phone, Camera, Message dan All Apps.

Untuk menunjang performa, Motorola Fire XT dilengkapi dengan prosesor ARMv6 Qualcomm MSM7227T-1 dengan clock speed 800MHz, GPU Adreno 200 dan RAM 512MB. Spesifikasi penunjang performa tersebut sudah tergolong cukup baik untuk ponsel pintar entry level.

Baca Juga :   Kekurangan Dan Kelebihan Android Cross A28

Kamera ponsel Motorola Fire XT

Bagi yang hobi melakukan perjalanan, Motorola Fire XT mungkin ponsel yang cocok untuk anda. Kamera utama ponsel yang beresolusi 5 megapiksel dilengkapi dengan fitur pelengkap seperti LED flash, autofocus dan geo-tagging dapat digunakan untuk mengabadikan momen saat bepergian. Kamera yang dipercaya dapat menampilkan gambar yang natural, jelas dan jernih bukanlah satu-satunya kamera pada Fire XT, karena ponsel tersebut juga dilengkapi dengan kamera tambahan beresolusi VGA pada bagian depan. Kamera pada ponsel tersebut juga dapat digunakan untuk merekam video dengan beberapa pilihan output MPEG4, H.263 dan H.264 dengan resolusi maksimal VGA.

Fitur konektivitas dan Internet

Untuk fitur konektivitas, Motorola Fire XT terbilang sangat lengkap. Ponsel tersebut dilengkapi dengan WiFi, Bluetooth v2.1+EDR, kabel data microUSB hingga port audio jack 3.5mm. fitur-fitur konektivitas yang ditawarkan oleh ponse ini dapat diatur dengan mudah dan tergolong lancar sewaktu digunakan. Selain itu, Motorola Fire XT juga telah dilengkapi dengan kemampuan untuk dijadikan hotspot (WiFi Hotspot) dan berbagi koneksi internet ke beberapa perangkat lain.

Bagi yang hobi bersosialisasi di dunia maya atau mencari informasi melalui sambungan internet, Motorola Fire XT dilengkapi dengan koneksi HSDPA 7.2 Mbps dan HSUPA 384 Kbps, selain EDGE dan GPRS. Browser bawaab yang ditawarkan adalah Google Chrome yang telah mendukung flash dan dapat menampilkan beberapa tab sekaligus.

Fitur Multimedia Motorola Fire XT

Fitur unggulan lain yang dimiliki oleh Motorola Fire XT adalah media player. Melalui fitur tersebut, smartphone entry level yang dibanderol dengan harga sekitar Rp 1.399.000,- ini mampu untuk menghadirkan interface yang mudah digunakan. Selain itu, pengguna juga dapat menikmati integrasi music player ponsel dengan Tune Wiki. Dengan kehadiran kemampuan ini, pengguna dapat melihat lirik lagu saat music dimainkan. Hal tersebut dimungkinkan karena sistem akan secara langsung terkoneksi ke server Tune wiki untuk menampilkan lirik lagu yang dimainkan.

Selain itu, melalui salah satu menu pada Tune Wiki yang bernama Community, teman pengguna ponsel dapat mengetahui lagu apa yang sedang dimainkan, lagu yang dicari dan juga playlist favorit. Audio player milik Motorola Fire XT mendukung untuk memainkan file dengan format MP3, WAV dan eAAC+.

Baca Juga :   7 Fitur Menggoda Terbaru di Windows 8.1

Untuk sarana hiburan lain, Motorola Fire XT dilengkapi dengan radio FM yang didukung teknologi RDS (Radio Data System). Teknologi tersebut dapat digunakan oleh pengguna untuk mencari informasi lagu atau stasiun radio melalui internet. Dengan Radio Data System, pengguna juga dapat berbagi informasi secara langsung melalui Bluetooth, email atau pesan. Selain itu, juga tedapat internet radio (shoutcast radio) pada ponsel ini.

Fitur tambahan Motorola Fire XT

Pengguna Motorola Fire XT dapat membuat video dan membagi ke teman melalui Qik Video Connect. Aplikasi tersebut juga dapat digunakan untuk video chatting. Motorola Fire XT dilengkapi dengan GPS internal (A-GPS support) plus Google Maps, termasuk panduan navigasi via fitur latitude yang sangat berguna bagi pengguna yang sering travelling.

Layaknya ponsel Android lain, Motorola Fire XT juga dilengkapi dengan layanan Google Play sebagai sarana untuk menambah aplikasi atau game termasuk aplikasi jejaring sosial. Sedangkan fitur pelengkap lain, Motorola Fire XT dilengkapi dengan layanan email (Gmail), streaming video (YouTube) serta beragam fitur standar Android lain.

Baterai Motorola Fire XT

Untuk mendukung penggunanya berkegiatan dengan ponsel Motorola Fire XT, pabrikan asal Amerika ini memilih baterai lithium ion 1540 mAh (BF5X). Baterai tersebut diklaim dapat bertahan untuk standby selama 672 jam, telpon hingga 8 jam.

Spesifikasi Motorola Fire XT:

1. Sistem Android 2.3 (Gingerbread)
2. Dual-band HSDPA/Quad-band EDGE
3. Tampilan layar 3,5? HVGA dengan kapasitas layar multi sentuh
4. Kamera 5MP dengan auto-focus serta built-in flash
5. Kamera VGA di bagian depan untuk panggilan video, chat dan sharing
6. Moto Switch yang memungkinkan pengguna untuk mengganti ke mode berbeda
7. 800MHz chipset
8. Memori 512MB
9. Slot kartu 2 GB MicroSD; slot MicroSD dapat diperbesar hingga 32GB
10. Akses ke layanan Google Mobile™ (Google Maps dengan Navigasi, Google Talk, browsing)
11. FM Radio dengan dukungan RDS
12. Hotspot Wi-Fi b/g/n, Wi-Fi sampai dengan 5 klien
13. E-compass, sensor kedekatan, sensori cahaya sekitar, akselerometer
14. GPS, aGPS
15. Notifikasi LED
16. 3,5mm Audio Jack
17. Baterai 1540mAh, waktu bicara sampai dengan 8 jam dan 28 hari di mode standby.

Share