Tuesday, 23 September 2014

RAM dan Fungsinya untuk Mempercepat Kinerja Komputer

Share



RAM dan Fungsinya

ram memory komputer 300x200 RAM dan Fungsinya untuk Mempercepat Kinerja Komputer

Random Access Memory (RAM) merupakan memori sebuah komputer. Hardware yang satu ini digunakan untuk menyimpan data secara temporer oleh sistem operasi ataupun software selama komputer atau gadget dalam keadaan menyala.

Secara analogi, RAM bisa dikatakan sebagai jalan tol yang menghubungkan antara prosesor komputer dengan HDD atau flash disk. Jika dianalogikan dengan otak manusia, maka HDD adalah long term memory dan RAM adalah short term memory.  Semakin tinggi kualitas prosesor akan dapat bekerja secara optimal jika kapasitas RAM yang digunakan juga besar.

Di short term memory, kita terbiasa digunakan untuk untuk melakukan pekerjaan yang membutuhkan tindakan cepat. Namun, short term memory memiliki kapasitas yang terbatas. Begitu pulalah dengan RAM. Jadi, bisa juga dikatakan bahwa RAM merupakan kertas yang ada di tangan, dan HDD adalah filing cabinet.

Lalu, bagaimana hal ini membuat kinerja sebuah komputer atau gadget semakin cepat? Keberadaan RAM membuat prosesor tidak perlu mengakses hard disk untuk membaca sebuah data. Kecepatan akses data pun berbeda sangat jauh. Untuk mengakses data di RAM, prosesor membutuhkan waktu dalam skala nanosecond. Sedangkan untuk mengakses data di HDD, waktu yang dibutuhkan dalam skala milisecond.

Setiap byte software atau aplikasi yang dijalankan akan selalu mengkonsumsi memory. Selain itu, RAM juga harus menghandle sistem operasi untuk tetap bekerja. Jadi, kalau kapasitas RAM Anda rendah, maka secara otomatis jumlah aplikasi yang mampu ditanganinya pun tidak akan banyak.

Sponsored Links

Share
Tags: , ,

Related Posts to "RAM dan Fungsinya untuk Mempercepat Kinerja Komputer"