Saat Ramadan dan Lebaran Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik

Share

Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik


Jelang Ramadan dan Idul Fitri 1433 Hijriah, Telkomsel telah menyiapkan jaringan dengan kemampuan 3G di setiap ibu kota kabupaten yang ada di Sumatera Barat. Bahkan untuk Kota Pekanbaru, Padang dan Bukit Tinggi, kapasitasnya telah bertambah dibanding tahun sebelumnya.

Peningkatan jaringan tersebut sesuai dengan trafik layanan data yang terus meningkat setiap tahunnya sehingga mengindikasikan bahwa broadband telah menjadi bagian dari basic service yang diperlukan oleh setiap pelanggan telekomunikasi.

Masyarakat saat ini sudah menjadikan layanan data sebagai bagian dari layanan dasar, layaknya voice dan SMS. Biasanya menjelang Ramadan, trafik ucapan selamat mulai ramai dikirimkan, khususnya pada BlackBerry Messenger (BBM), Facebook, Twitter, dan lainnya.

“Infrastruktur tentu menjadi bagian penting dalam penyediaan akses layanan data secara optimal agar pelanggan lebih nyaman berselancar, mengunduh, maupun mengunggah data. Hal ini bertujuan agar pelanggan Telkomsel menjadi bagian dari komunitas digital (digital society),” tutur Head of ICT Network Management Sumbagteng Division Bremono Indrodewo lewat rilisnya saat menggelar jumpa pers dengan sejumlah wartawan di rumah makan Bebek Goreng H Slamet Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Kamis(12/7/12).

Baca Juga :   Tiga Provider Bersaing Pasarkan iPhone di Indonesia

Dikatakannya, dengan tradisi masyarakat di Pekanbaru dan Sumbar yang sudah merantau sejak zaman dahulu, membuat masyarakatnya mengandalkan teknologi telekomunikasi sebagai sarana paling tepat untuk menyampaikan ucapan-ucapan selama bulan puasa dan Idul Fitri.

Selain itu, tidak sedikit juga orang Minang yang telah merantau memilih balik kampung atau mudik pada saat lebaran Idul Fitri. Hal ini tentu akan meningkatkan jumlah traffic yang peningkatan bisa berlipat-lipat dari keadaan normal.

Head of ICT Network Management Telkomsel Sumbagteng Division, Bremono Indrodewo (kiri) tengah memaparkan kesiapan Telkomsel menghadapi lonjakan trafik di area Sumbagteng

Head of ICT Network Management Telkomsel Sumbagteng Division, Bremono Indrodewo (kiri) tengah memaparkan kesiapan Telkomsel menghadapi lonjakan trafik di area Sumbagteng
Untuk mengakomodir seluruh pelanggan, urainya, Telkomsel telah menghadirkan beragam teknologi mulai dari GSM, GPRS, EDGE, 3G dan HSDPA. Dan saat ini, teknologi LTE/4G dengan kecepatan akses 100 Mbps juga sudah diterapkan di beberapa kota dan segera meyusul kota-kota besar di Indonesia.

”Untuk Sumatera Barat, pada November 2011 lalu, layanan 3G hanya bisa dinikmati oleh pelanggan di Padang dan Bukit Tinggi saja. Dan kini, 12 kota Kabupaten sudah bisa menikmati layanan 3G,” katanya.

Baca Juga :   Pemerintah Bakal Tertibkan Registasi Kartu Perdana Yang Tidak Memenuhi Syarat

Dan di tahun 2012 ini, Telkomsel telah melakukan penambahan BTS 3G sebanyak 100 persen dari jumlah yang ada. Sebagian adalah penguatan untuk Padang dan Bukit Tinggi seiring dengan pertumbuhan pelanggan. Hingga akhir 2012 nanti, diperkirakan sudah sekitar 250-an BTS yang siap melayani kebutuhan masyarakat. Dengan kekuatan jaringan tersebut, pelanggan yang menggunakan layanan data tetap tidak akan mengalami gangguan berarti.

“Sebagai penyedia layanan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia yang memiliki portofolio di setiap channel komunikasi (SMS, MMS, voice based, internet based, cell broadcast, USSD based, application based, video based), Telkomsel siap untuk menjadi platform provider yang mampu menjawab tren mobile broadband yang terus tumbuh dan kebutuhan pasar terhadap gaya hidup digital berbasis ponsel (mobile based digital lifestyle),

Share