Apakah Data Sidik Jari Anda Di iPhone 5S Terjamin Keamanaya…???

Share

Fitur Andalan iPhone 5S

Salah satu fitur andalan iPhone 5S adalah pemindaian sidik jari pengguna (TouchID) untuk alasan keamanan ponsel. Teknologi ini di sektor keamanan memang banyak, seperti face detection, pattern, pin dan sebagainya. Di iPhone 5S, yang  mulai dijual Jumat kemarin, mempunyai fitur sensor sidik jari yang memungkinkan pengguna memencet tombol pengendali guna membuka telepon, tidak lagi menggunakan kata sandi empat digit.

Seorang senator Amerika Serikat menulis surat kepada Apple sehubungan dengan kekhawatiran privasi dan keamanan dalam teknologi pengenalan sidik jari di produk baru iPhone 5S.Senator Al Franken khawatir sistem sensor sidik jari di iPhone 5S akan digunakan oleh penjahat bila data sidik jari jatuh ke tangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu sebagai Ketua Subkomite Privasi, Teknologi dan Hukum di Senat, ia melayangkan surat kepada bos Apple, Tim Cook, untuk menyampaikan kekhawatirannya.

Dilansir dari Reuters, hal-hal yang ditanyakan antara lain adalah apakah data sidik jari yang disimpan di chip telepon genggam dalam bentuk inkripsi bisa dicuri dan kemudian dikonversi ke dalam bentuk digital atau visual yang bisa dimanfaatkan oleh peretas atau penipu. Pertanyaan kedua, kata Franken, apakah iPhone 5S mengirim informasi diagnostik tentang sistem sensor sidik jari ke Apple atau ke pihak ketiga lainnya. Ia juga ingin mengetahui perlindungan dan privasi yang diberikan Apple terhadap data sidik jari konsumen. Senator Al Franken mengatakan sistem sidik jari ini bisa berakibat buruk bagi pengguna bila orang lain berhasil meretas data sidik jari. Sidik jari bersifat permanen dan membekas di mana pun yang disentuh seseorang sehingga sama sekali tidak rahasia. Hal ini, lanjutnya, berbeda dengan sistem kata
sandi yang dapat diubah bila diketahui telah diretas orang.

Share