Arti Kata Istilah-Istilah Di Ponsel

FacebookTwitterShare

 Istilah-Istila Di Ponsel

Di Saat ini Dalam perkembangannya teknologi komunikasi sekarang lebih mengarah ke satu tujuan yaitu komunikasi dan informasi yang terpadu dan saling terintegrasi. Handphone atau ponsel adalah gadget atau alat yang sangat berkembang dengan pesat. Tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi secara audio saja, namun sekarang handphone sudah mengarah ke pelayanan pertukaran data dan informasi yang berbasis digital.
Banyak istilah-istilah baru yang muncul mengiringi perkembangan ini.Beberapa  Istilah ini sebenarnya sudah banyak dipakai didunia maya alias internet karena memang digunakan untuk sistem pertukarang data digital lewat internet. Berikut beberapa daftar istilah yang mungkin dapat menambah perbendaharaan bahasa dan pengetahuan anda tentang dunia online atau internet.

Berikut Sebagian Istilah-Istilah Di Hp:

A

– A2DP (Bluetooth v2.0) : Advanced Audio Distribution Profile merupakan teknologi audio berkualitas tinggi, biasanya digunakan pada headset yg terhubung dengan jaringan handphone ataupun media player portabel, dengan menggunakan teknologi bluetooth (versi 2.0).
– AAC (Advance Audio Coding) ; salah satu standar format kompresi file audio. Lebih unggul kualitas suaranya dibanding format mp3, karena menghasilkan frekuensi lebih lebar.
– Airtime ; perhitungan terhadap durasi atau lamanya suatu panggilan telepon yang dihitung sejak saat berhasil melakukan panggilan hingga saat menutup telepon.
– APN (Access Point Name) : adalah nama akses dari jaringan GPRS. APN merupakan seting dalam perangkat lunak yang dapat menghubungkan sebuah perangkat mobile seperti ponsel ke dalam jaringan internet.
– ARPU (Average Revenue Per User) : Rata-rata pendapatan (dalam konteks ini adalah pendapatan yang diterima operator telpon dari percakapan dan komunikasi data) dari pelanggan.
– Accessory, Accessories / Aksesoris : peralatan/perangkat tambahan yang berfungsi sebagai pelengkap, pendukung, pelindung atau hanya hiasan untuk mempercantik tampilan. Misalnya tempat ponsel yang diletakkan di ikat pinggang, desktop charger (docking), casing, anti gores dll.
– Auto Focus : fungsi sensor pada kamera yang pada saat pengambilan obyek/gambar maka secara otomatis sensor kamera akan mengambil/capture obyek/gambar pada kualitas terbaik.
– Auto Keypad Lock ; fungsi yang memungkinkan keypad suatu handphone terkunci secara otomatis dalam beberapa detik atau menit ketika handphone tidak digunakan tetapi dalam keadaan menyala.
– AVI (Audio Video Interleave) ; Salah satu format multimedia yang dibentuk berdasarkan proses kompresi. Memungkinkan ukuran maksimal hingga 2GB. format AVI di buat oleh Microsoft
– A-GPS / Assisted GPS (lihat juga GPS): Peningkatan Performa GPS yang dibantu dengan dukungan GPRS seperti aplikasi Nokia Map pada ponsel Nokia. Dengan A-GPS, penetuan posisi menjadi lebih cepat dan akurat karena terhubung dengan Server pembantu.

B

– Band ; area/frekuensi jalur gelombang pemancar
·Dual Band, artinya suatu perangkat handphone yang mampu beroperasi pada 2 frekuensi yang berbeda. Misalnya frekuensi 900 Mhz dan 1800 Mhz
·Tri Band (3 Band), pada frekuensi 900/1800/1900 Mhz
·Quad Band (4 Band), 800/900/1800/1900 Mhz
Setiap negara mempunyai jalur frekuensi yang berbeda. Tipe handphone Dual Band bisa saja digunakan di Indonesia, tetapi ketika dibawa ke negara lain mungkin tidak dapat digunakan dikarenakan frekuensi yang digunakan sangat berbeda.

– Bar, Bar Signal : Tanda pada layar handphone yang menunjukan besarnya penerimaan sinyal pada handphone. Semakin banyak/tinggi bar signal pada sebuah handphone, semakin bagus daya tangkap
– Battery, Baterai : alat/piranti pensuplai daya energi. Baterai pada handphone adalah baterai yang dapat diisi ulang (charge).
Jenis-jenis baterai handphone : NiCD/NiCad, NiMH (Nickel Metal Hydride), Li-Ion (Lithium Ion), Li-Poly (Lithium Polymer)
– Bluetooth, piranti/alat memungkinkan transmisi data tanpa kabel (wireless) diantara peralatan-peralatan seperti Handphone, Komputer dan PDA dll. Protokol Bluetooth diberi nama sesuai dengan nama raja Denmark jaman dahulu, Harald Bluetooth. Bluetooth memungkinkan Anda mengirim dan berbagi data dengan peralatan lainnya dalam jarak/radius tertentu.
– BlackBerry ; alat komunikasi yang digunakan sebagai penerima sekaligus pengirim email, web browser, SMS, organizer, chat dan lainnya. BlackBerry dikembangkan dan diroduksi pertama kali pada tahun 1999 oleh sebuah perusahaan Kanada, RIM (Research in Motion). Bentuknya tersedia dalam ukuran seperti ponsel maupun PDA.
– B&W (Black and White) ; warna hitam putih atau monocrome
– BTS (Base Transmission Station) : Pemancar penerus dan penguat sinyal layanan komunikasi
– Built in ; menyertakan/terpasang suatu alat/fasilitas dalam handphone. Built-in modem, artinya handphone tersebut dapat digunakan sebagai modem untuk koneksi internet. Atau built in speaker, artinya handphone tersebut sudah – terpasang speaker internal untuk mendengarkan audio. Built-in camera, artinya sudah dibenamkan kamera
– Bundling /paketan ; bila kita membeli suatu produk, maka akan disertakan produk tambahan dan tidak dikenakan biaya/harga tambahan alias gratis (Seringnya sih dalam masa promosi). Biasanya dalam bundling tersebut, antara produk yang dipasarkan dengan produk tambahannya saling terkait atau mendukung. Misal : membeli produk ponsel Merk “A”, maka akan memperoleh Sim Card/Nomor perdana dari Operator “X” secara gratis.
– BREW (Binary Runtime Environtment for Wireless) ; aplikasi yg didevelop & milik Qualcomm, n of course dipake di teknologi CDMA.di indonesia sendiri platform BREW digandeng mobile-8 (Fren) memakai nama b-live…
klo dijelasin,sistem brew hampir mirip dg java d gsm,bedanya brew masih tertutup jadi ketika kita mau mempublikasikan/menjual aplikasi yg didevelop pake brew SDK terlebih dlu hrs sdh mendapat digital signature dr qualcomm
(kontribusi dan koreksi dari bro ruiten)
Brew = Suatu platform untuk menjalankan aplikasi/game yang dibuat oleh bahasa programming C/C++, platform ini digunakan/ditargetkan untuk selular.
– Browser / Internet Browser : Aplikasi untuk melihat/menjelajah internet. Untuk ponsel, ada beberapa aplikasi internet browser yang dibenamkan seperti Opera Mini (berbasis Java), Brew dan lain-lain

C

– CandyBar ; merujuk merujuk pada bentuk/desain fisik ponsel yang keypad-nya berada diluar (biasanya langsung di bawah screen/layar atau ada juga yang berada di samping layar/screen seperti Nokia N-Gage series). Sebagian besar ponsel yang beredar di sini adalah berdesain CandyBar
– CDMA (Code Division Multiple Access) ; sebuah sistem jaringan telekomunikasi selain GSM. Contoh layanan telekomunikasi yang menggunakan jaringan ini adalah Bakrie Telecom dengan produk Esia & Wifone, kemudian Fren dan Hepi dari Mobile-8, Flexi dari Telkom, Starone dari Indosat, Smart dari SinarMas dan Ceria dari Sampoerna
CDMA x1 ; teknologi CDMA generasi ke-2 atau 2G
CDMA 2000×1 : teknologi CDMA dengan kemampuan hampir setara 3G pada GSM. kecepatan transfer data teknologi ini mencapai 230,4 kbps.
Di Indonesia jalur frekwensi yang digunakan untuk CDMA adalah pada frekwensi 800 Mhz. Namun khusus untuk Smart masih menggunakan frekwensi 1900 Mhz.
– Connection ; hubungan atau koneksi
– Content Provider (CP) ; Perusahaan penyedia jasa layanan berbagai konten/isi untuk telepon selular. Misalnya donwload ringtone, wallpaper, games. Penyelenggara Kuis berhadiah melalui sms, dll. Di Indonesia, sampai dengan akhir April 2008 ini telah tercatat ada 300 perusahaan CP.
– Caller ID (Identifier) ; fitur yang dapat menampilkan nomor telepon panggilan masuk
– Caller Photo ID ; fitur yang dapat menampilkan foto si penelpon. Fitur ini dapat diaplikasikan apabila telah diseting/disesuaikan antara foto dan phonebook.
– Cellular (seluler), perangkat yang saling terkait, berhubungan dan ketergantungan
– Charger ; alat pengisi ulang baterai
– Charging ; proses pengisian baterai
– Chat/Chatting ; komunikasi menggunakan teks dengan satu atau beberapa orang/group
– COMBAT (Compact Mobile Base Station) ; BTS bergerak. Biasanya dipasang pada sebuah kendaraan khusus dan ditempatkan pada daerah-daerah tertentu pada waktu tertentu. Misalnya, pada waktu ramai Mudik Lebaran. COMBAT ditempatkan pada daerah/lokasi dimana belum tersedia jaringan atau belum terpasang BTS namun pada lokasi tsb membutuhkan layanan komunikasi segera.
– CompactFlash (CF) ; salah satu jenis kartu memori (kartu penyimpanan data, audio, gambar, video) tertua dgn teknologi flash memory
– Coverage ; cakupan/jangkauan dari sebuah layanan komunikasi.
– CSTN (Color Super Twisted Nematic) ; tipe layar setelah era Monocrome dan menuju teknologi TFT. Merupakan teknologi LCD yang mampu memproduksi tampilan menjadi berwarna karena masing-masing pixel dapat membedakan 3 warna merah, biru dan hijau.
– ClamShell ; merujuk pada bentuk/desain fisik ponsel, dimana untuk menggunakan keypad-nya harus membuka tutup depan terlebih dahulu (mirip dengan kerang). Ponsel dengan tipe clamshell ini sering juga disebut dengan istilah ponsel lipat. Ponsel-ponsel yang berdesain clamshell contohnya : Motorola RAZR V series, Samsung W579, Nokia 6101, Sony Ericsson Z320
– CLIP (Caller Line ID Presentation) : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk memunculkan nomor telepon pemanggil pada ponsel pelanggan yang dihubungi.
– CLIR (Calling Line Identification Restriction) : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk tidak memunculkan nomor telepon pelanggan pada ponsel yang dipanggil.

Baca Juga :   Cara Paling Aman Membersihkan Ponsel

Call Waiting : adalah layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengaktifkan nada peringatan pelan yang mengindikasikan adanya panggilan telepon lain yang sedang menunggu sementara pelanggan sedang melakukan percakapan telepon.
Dalam hal ini pelanggan dapat melakukan pilihan :

* Menerima panggilan penelpon kedua
* Mengabaikan panggilan penelpon kedua

Call Hold : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk menahan /hold percakapan yang sedang berlangsung untuk :

* Menerima/menjawab panggilan lain tanpa memutuskan percakapan
* Melakukan panggilan tanpa memutuskan percakapan

Call Forward / Call Divert : layanan/fitur yang memungkinkan pelanggan untuk mengalihkan panggilan ke nomor telepon lain atau voice mailbox.
Panggilan dapat dialihkan berdasarkan :

* Permintaan pelanggan
* Pengalihan secara otomatis ke voice mailbox untuk kondisi seperti :

-tidak ada jawaban
-ponsel dimatikan atau berada diluar jangkauan/area layanan
-ponsel sedang digunakan (busy / sibuk)

Call Barring : Mencegah/memblokir panggilan telepon masuk atau pun telepon keluar.
Fitur ini dapat diaktifkan untuk kondisi-kondisi seperti :
-semua panggilan keluar
-semua panggilan masuk
-semua panggilan keluar internasional
-semua panggilan masuk internasional

Conference Call : fitur layanan yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembicaraan dengan lebih dari 2 tujuan sekaligus dalam waktu yang bersamaan, dimana semua yang dihubungi dapat saling berbicara dan mendengarkan satu dengan yang lainnya.

– Crystal Talk ; adalah teknologi berupa fitur yang dapat mengurangi gangguan suara dan mengontrol volume suara ketika melakukan panggilan, sehingga suara saat melakukan panggilan terdengar jernih. Sampai saat ini (11 Juni 2008), teknologi ini baru dimiliki oleh Motorola, artinya baru disematkan pada beberapa tipe ponsel keluaran Motorola.

D

– Data Cable (Kabel Data), suatu alat yang menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lain dalam bentuk kabel. Biasanya Kabel Data menghubungkan handphone dengan Komputer PC/Laptop. Kabel data digunakan untuk transmisi/transfer handphone dari dan ke komputer.
– Dimension /dimensi ; ukuran fisik suatu benda. Misalnya sebuah handphone dengan dimensi 41x108x14 mm (mili meter) berarti handphone tsb berukuran lebar 41mm dengan tinggi 108mm dan memiliki ketebalan 14mm.
– Display (layar) ; tampilan visualisasi pada sebuah perangkat.
– Download : proses menerima data (spt ringtone dari suatu sumber penyedia jasa), misal download ringtone dengan cara kirim sms ke penyedia jasa content, dimana nanti si pengirim sms akan menerima
– Driver (bukan supir ya…he..he..) : merupakan komponen perangkat lunak yang mengijinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras lainnya. Misalnya kita ingin menghubungkan Henpon kita dengan kabel data ke komputer, maka pada saat di koneksikan (biasanya pakai USB) pertama kali maka komputer akan menanyakan driver dari henpon yang kita koneksikan tsb.
– DTMF (Dual Tone Multi Frequency) : dikenal sebagai Nada Tombol multi, dimana pada saat kita menekan keypad/tombol pada telepon akan mengeluarkan nada berbeda antara tombol satu dengan yang lainnya. Tat Tit Tut Tet Tot….
– Dual Mode ; kemampuan sebuah handphone dengan menyediakan 2 slot kartu dengan sistem berbeda yaitu GSM dan CDMA.
– Dual On ; handphone dengan menyediakan 2 slot kartu baik GSM-GSM maupun GSM-CDMA dimana keduanya dapat diposisikan stand-by (hidup dua-duanya)

E

– EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution) biasa disebut juga EGPRS; merupakan lanjutan teknologi selular digital lanjutan 2,5 G (GSM+GPRS). Dengan EDGE, kecepatan transmisi data GPRS menjadi lebih cepat sehingga memberikan kemungkinan terhadap fasilitas audio streaming, PTT (Push To Talk) dll. Kecepatan transmisi mencapai 126-473,8 kbps
– Earphone ; alat dengar (bukan alat bantu dengar… 😉 )
– EMS (Enhanced Message Service), layanan semacam SMS, namun pada layanan ini dapat mengirimkan pesan suara (audio file) dan gambar secara terbatas, artinya kemampuan mengirim hanya pada file audio dan gambar sederhana saja.
– EVDO (Evolution Data Optimized) ; layanan 3,5G di jalur CDMA dikenal dengan teknologi CDMA2000x1 EVDO
-Expandable ; dapat menambah/diganti, expandabable up to 2 GB (dapat diganti dengan kartu memori yang mempunyai kapasitas 2 GB)
– Expansion Slot ; slot untuk tambahan perangkat lain. Biasanya slot ini adalah untuk tambahan kartu memori eksternal (External Memory). Saat ini kebanyakan handphone meletakkan slot untuk kartu memori di samping/sisi handphone.
– External Memory ; kartu memori tambahan yang dimasukkan ke slot ekspansi untuk menampung berbagai data (audio, gambar, foto dll) dikarenakan memori (internal) handphone/perangkat lain yang relatif kecil yang tidak dapat lagi menampung kebutuhan data si pengguna.

F

– Flash Memory (lihat juga Memory Card) ; sering juga diistilahkan “Saving Memory” karena dapat menyimpan data dengan atau tanpa dukungan daya listrik. Flash memory dikembangkan pertama kali oleh Dr Fujio Masuoka dari Toshiba tahun 1984. Nama “flash” disumbangkan oleh Shoji Arizumi kolega Dr Fujio, yang melihat proses penghapusan isi memori seperti kilatan lampu (flash) kamera.
– Fitur : fasilitas tambahan yang disertakan dalam paket penjualan sebuah produk.
– Flight Mode ; sebuah fungsi pada handphone yang memungkinkan handphone dapat dinyalakan ketika berada di pesawat namun tidak dapat digunakan untuk berkomunikasi, terbatas hanya untuk bermain game misalnya atau untuk mendengarkan lagu.
– FWT (Fixed Wireless Terminal) ; perangkat/terminal/pesawat komunikasi/telepon tanpa kabel yang dapat juga dipindah-pindahkan atau dibawa, namun terbatas pada area pelayanan tertentu saja. Misalnya, kita mempunyai FWT dengan kode area Jakarta, ketika dibawa ke Bandung maka FWT tersebut tidak dapat menerima maupun melakukan panggilan telepon.

Baca Juga :   Download Aplikasi Android Mempercepat SD Card

G

– G (Generation), 3G (3rd Generation/Generasi Ketiga), 3,5G, 4G
– 3G (3rd Generation) ; teknologi komunikasi generasi ketiga yang tidak hanya dapat memberikan layanan video call, tetapi juga akses data dan internet berkecepatan tinggi, video streaming. Untuk jalur GSM, teknologi yang mendukung 3G adalah teknologi UMTS, sementara untuk jaur CDMA adalah teknologi EVDO. Kecepatan data pada teknologi 3G mencapai 384Kbps.
– 3GP (3rd Generation Project) ; format dile multimedia yang dikembangkan oleh konsorsium 3rd Generation Patership Project berdasarkan format mp4. File 3gp ditandai dengan ektensi/akhiran .3gp atau .3g2
– Gadget ; perangkat digital mobile yang merupakan alat tambahan dari alat utama (computer). Digital Camera, Mobile phone, MP3 Player seperti (iPOD, Creative Zen, Samsung Yep),
– GUI (Graphical User Interface) ; merupakan salah satu model interaksi antara manusia dengan suatu perangkat digital seperti computer, ponsel, mp3 player dll. GUI dimaksudkan untuk kemudahan (user friendly) untuk penggunaan suatu perangkat.
– GSM (Global System for Mobile Communication) ; salah satu standar sistem komunikasi digital tanpa kabel untuk menggantikan sistem analog.
– GPRS (General Packet Radio Service) ; sistem yang memungkinkan handphone dapat melakukan pengiriman/penerimaan dan akses data melalui jaringan layanan GSM. Memiliki kelas-kelas sperti GPRS Class 8, Class 10, Class 12 dan paling muktahir adalah sampai Class 32.
GPRS merupakan teknologi GSM yang dikategorikan sebagai Generasi 2,5 G
– GPS (Global Positioning System) ; suatu sistem navigasi/petunjuk melalui satelit yang memungkinkan penggunanya dapat mengetahui suatu lokasi atau lokasi si pengguna berada. (lihat juga A-GPS)

H

– Handphone, Mobile phone, Telpon Selular/ponsel : perangkat komunikasi tanpa kabel (wirelless) yang dapat dengan mudah dibawa kemana-mana.
– Handsfree ; alat (dipasang ke telinga pengguna) yang memungkinkan si pengguna dapat berkomunikasi tanpa memegang handset, dimana suara lawan bicara hanya terdengar oleh si pengguna. Handsfree dapat menggunakan earphone, headphone, atau bluetooth
– Headphone ; alat yang digunakan oleh pengguna untuk mendengarkan suara (dalam berkomunikasi) atau musik tanpa didengar orang lain.
– High End ; merujuk pada barang-barang yang dikategorikan memiliki fitur paling lengkap dengan teknologi paling muktahir/terkini.
– Hot Swap, dengan fasilitas ini memungkinkan kita melepas suatu perangkat dalam handphone tanpa mematikannya. Misalnya melepas memory card (biasanya berada di samping/sisi handphone) tanpa perlu mematikan handphone.
– HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) ; teknologi komunikasi data dengan kecepatan tinggi yang berjalan di frekuensi GSM. Teknologi ini tidak dapat dipisahkan dengan evolusi/pengembangan WCDMA (Wideband Code Division Multiple Access). Teknologi inilah yang telah mendukung apa yang disebut dengan 3,5 G. Kecepatan data bisa mencapat 3,6 Mbps.
– HSCSD (High Speed Circuit Data Switch) ; Evolusi terakhir dari switch data pada jaringan GSM. HSCSD mampu mentramisikan data melalui hubungan GSM dengan kecepatan sampai 57,6 kbps.
– HTML (Hyper Text Mark-up Language); salah satu bahasa pemrograman yang membuat handphone mampu menampilkan halaman web.

I

– Icon ; tampilan grafis dalam bentuk lambang atau gambar.
– IMEI (International Mobile Equipment Identity) ; merupakan nomor identitas yang sifatnya unik (dalam artian tidak sama antara yang satu dengan yang lain) pada sebuah handphone.
– Inject (suntik) ; sistem/cara untuk membenamkan nomor ke dalam module NAM dalam handphone. Cara ini dilakukan terhadap handphone jenis CDMA yang tidak mendukung RUIM (yang dalam handphone jenis GSM disebut SimCard Slot)
– InfraRed/IRDA (InfraRed Data Association) ; salah satu standar konektivitas untuk melakukan transmisi data dari satu perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya dalam jarak pendek dengan memanfaatkan sinyal infra merah.
– iTap/ T9 ; lihat Predictive Text
– Internet Browser (lihat Browser)

J

– Jack-port : lubang untuk menghubungkan dengan perangkat lain dengan suatu macam fungsi. Misal Jack audio, berarti lubang untuk menghubungkan handphone dengan misalnya speaker, headphone untuk mendengarkan audio baik berupa suara, musik atau radio.
– Java ; salah satu program yang dapat ditanamkan pada handphone tertentu. Handphone yang telah terinstal Java, maka dapat ditambah aplikasi seperti games yang berbasis/dibuat dgn Java.

K

– Keypad (papan tombol/ketik) ; sarana untuk melakukan suatu input/perintah pada handphone.
– Kompresi ; proses memampatkan/memperkecil ukuran data.

L

– LCD (Liquid Crystal Display) merupakan salah satu layar yang digunakan dalam monitor. Layar LCD menggunakan 2 buah lembaran bahan yang dapat mempolarisasikan kedua lembaran tsb.
•LCD Monocrom ; biasanya menampilkan gambar/teks dalam warna biru atau abu-abu tua di atas latar belakang putih ke abu-abuan. Contoh handphone yang menggunakan layar tipe ini salah satunya Nokia CDMA 2116
•Color LCD, menggunakan 2 teknik untuk menghasilkan warna yaitu passive matrix dan active matrix. Active matrix biasa disebut TFT (Thin Film Transistor)
– Linux ; sebuah operating system yang bersifat terbuka yang biasanya diinstal ke dalam komputer. Saat ini Linux juga ditanamkan pada beberapa tipe handphone, seperti seri A780, ROKR E6 dari Motorola,
– Lithium Ion ; jenis baterai yang dapat diisi ulang. Sebagian besar gadget modern termasuk handphone menggunakan baterai lithium ion. Dijuluki baterai lithium ion karena tenaga baterai ini berasal dari aliran ion-ion lithium (Li+) di dalam larutan elektrolit. Sewaktu baterai kita charge, ion lithium mengalir dari katoda (kutub positif) ke anoda (kutub negatif). Sebaliknya, ion lithium mengalir dari anoda ke katoda ketika baterai bekerja.
– Lithium Polymer ; jenis baterai yang dapat diisi ulang Ini adalah generasi terbaru dari rechareable battery, keunggulannya adalah ramah terhadap lingkungan, sedang kemampuan lainnya sama persis dengan battery LIthium Ion. Li-Poly sifatnya yang liquid sehingga bisa mengakibatkan bentuk battery bisa berubah karena tekanan.
– Low Batt ; suatu keadaan dimana energi pada baterai sudah menunjukkan titik terendah yang artinya handphone akan segera mati dan baterai harus segera diisi ulang (charge).
– Low End ; merujuk pada segmen pasar dimana barang yang ditawarkan hanya memiliki fitur standar dan ditawarkang dengan harga jual yang relatif murah serta ditujukan pada kalangan entry level (pemula)

v

-Vibrating Alert
Sebagian besar handphone dilengkapi dengan fitur vibrating alert (getaran) untuk memberitahu adanya telepon masuk – cocok untuk keadaan dimana bunyi panggilan masuk akan mengganggu orang lain, misalnya saat berada di bioskop.

-Video Calling
Kemampuan untuk melakukan panggilan video 2 arah melalui HP. Untuk melakukannya dibutuhkan handset 3G.

-Voice Dial
Voice dial adalah fitur yang tersedia pada beberapa jenis HP yang membuat pemiliknya bisa melakukan panggilan telepon hanya dengan menyebutkan nama orang yang akan ditelepon. Begitu nama yang dimaksud diucapkan, HP akan secara otomatis menelepon orang tersebut