Awas….!!, Pencurian Data di Smartphone Anda

Share

Pencurian Data di Smartphone

 Cybercriminal makin marak dan saat ini bukan saja  lewat PC,  namun juga melancarkan aksinya melalui perangkat mobile, termasuk smartphone Anda! Trend Micro mengamati banyaknya situs phising  di tahun 2012, dan saat ini cybercriminal telah menemukan target baru untuk aksi phishing mereka yaitu melalui perangkat mobile.

Di tahun 2012, Trend Micro menemukan 4.000 URL phishing yang didesain pada perangkat mobile. Meskipun jumlah tersebut  mewakili kurang dari 1 persen phishing URL dalam satu tahun, namun fokus utamanya bahwa perangkat mobile (seperti smartphone, tablet dan sejenisnya) merupakan sebuah platform yang memungkinkan untuk dijadikan target phishing.

Para cybercriminal menggunakan situs phishing, yang merupakan versi palsu dari situs asli untuk mengelabui pengguna agar mengungkapkan informasi sensitif, seperti username, password, hingga rincian akun.

Yang paling mengkhawatirkan adalah jenis situs phishing berupa spoofing attack. Pada 2012, 75 persen dari URL mobile phishing merupakan versi palsu dari situs perbankan atau keuangan ternama. Setelah pengguna  berhasil ditipu untuk membocorkan login mereka ke beberapa situs, cybercriminal dapat menggunakan data-data yang dicuri untuk memulai transaksi illegal dan pembelian  melalui rekening korban.

Baca Juga :   LG Optimus L7 Telah Hadir Di Indonesia

Beberapa bagian dari situs phishing dirancang untuk menipu situs jejaring sosial (2%) dan situs belanja online (4%). Ini hanyalah sejumlah kecil situs phishing pada media sosial  berdasarkan pilihan pengguna untuk aplikasi sosial media. Mengingat pengguna tidak mungkin mengunjungi situs jejaring sosial melalui  web pada perangkat mobile, sehingga cara ini bukanlah cara yang efektif bagi  untuk memenuhi target penggunanya.

Untuk menghindari terjadinya serangan, pengguna harus berhati-hati saat mengakses tautan dari email. Jika memungkinkan, pengguna dapat mengetik secara manual situs yang ingin dikunjungi dan memberikan tanda (bookmark). Pengguna juga mendapatkan keuntungan dengan menginstal aplikasi keamanan seperti Trend Micro Mobile Security Personal Edition.trendmicro.co.id

Share