Awasss…! Malware Mengincar di Situs Facebook Palsu

Share

Malware Mengincar di Situs  Facebook Palsu

Bagi Anda pengguna Facebook disarankan untuk berhati-hati. Pasalnya, situs jejaring sosial terpopuler sejagat itu telah menjadi sasaran phisers untuk melancarkan aksi jahatnya di dunia maya. Bukan sekedar mencuri kredensial login saja, phisers juga bisa mencuri data dan informasi rahasia milik pengguna.

“Phishers seringkali memperkenalkan aplikasi-aplikasi palsu untuk menambah ‘rasa’ dari umpan phising mereka. Symantec telah mengamati sebuah penipuan dimana phishers mencoba untuk mencuri kredensial login, tetapi media pencurian data tersebut bukan hanya umpan phising itu saja. Strategi mereka juga menggunakan malware untuk mendapatkan informasi rahasia milik para pengguna. Situs phishing tersebut membuat tipuan halaman login Facebook dan disimpan di situs hosting web tidak berbayar,” demikian tulis Symantec.

Situs palsu atau yang dikenal dengan istilah phishing itu mengatakan bahwa aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk melihat daftar orang yang mengunjungi halaman profil mereka. Situs ini menawarkan dua pilihan untuk mengaktifkan aplikasi palsu tersebut. Jika pengguna memasukan identitas login mereka maka pengguna tersebut telah menjadi korban dan phishers dapat mencuri informasi mereka untuk kepentingan pencurian identitas.

Baca Juga :   Cara Melindungi Akun Facebook

Untuk menghindari serangan phising, para penguna Internet disarankan untuk mengikuti beberapa langkah di bawah ini:
– Cek URL di address bar ketika Anda hendak untuk login dengan akun Anda dan pastikan URL tersebut adalah situs yang Anda ingin tuju.
– Jangan meng-klik tautan-tautan yang mencurigakan pada email Anda.
– Jangan memberikan informasi personal Anda ketika membalas email.
– Jangan memasukkan informasi personal pada halaman atau jendela pop-up.
– Pastikan situs tersebut terenkripsi dengan sertifikasi SSL dengan melihat gambar atau ikon gembok/padlock, “https” atau bagian hijau di address bar ketika memasukkan informasi personal atau informasi finansial.
– Gunakan perangkat lunak yang lengkap, seperti Norton Internet Security atau Norton 360, yang akan melindungi Anda dari penipuan phishing dan penipuan jejaring sosial.
– Berhati-hati ketika hendak meng-klik tautan-tautan yang menarik yang dikirim melalui email atau yang di post di jejaring sosial Anda.

 

Share