Bahasa Jawa Ada Di Google Translate

Share

Google Translate Bahasa Jawa

Google baru saja menambahkan fitur baru dalam salah satu layanan situs miliknya, yakni Google Translate. Fitur baru tersebut tentu saja adalah penambahan bahasa yang bisa ditranslasikan. Terdapat lima bahasa baru yang ditambahkan. Menariknya, dari lima bahasa tersebut, salah satunya adalah bahasa Jawa.

Sistem terjemahan bahasa Jawa dalam Google Translate saat ini masih berstatus “Alpha”, atau masih dalam tahap awal pengembangan. Ini berarti, kualitas terjemahan bahasa Jawa di Google Translate belum setara dengan kualitas terjemahan bahasa lain.
Selain bahasa Jawa, empat bahasa lainnya adalah bahasa Bosnia, Cebuano, Hmong dan Marathi. Pihak Google mengatakan bahwa saat ini terdapat lebih dari 183 juta orang yang menggunakan lima bahasa tersebut. Oleh karena itu, mereka pun memutuskan untuk menambahkan kelimanya.

Di blog resminya, Google secara khusus mengatakan bahwa bahasa Jawa merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di Indonesia setelah bahasa Indonesia. Total terdapat 83 juta orang yang menggunakan bahasa ini.Google juga mengumumkan bahwa Google Translate kini telah mendukung 70 bahasa yang ada di dunia. “Kami sangat antusias karena mencapai lebih dari 70 bahasa, dan kami berharap terus menambahkan lebih banyak lagi,” ujar Sveta.

Baca Juga :   Google Translate Sekarang Bisa Menerjemahkan Bahasa Tulisan Tangan (Handwriting)

Selain bahasa Bosnia, empat bahasa lain masih dalam tahap alpha. Jadi tidak heran masih ada beberapa kekurangan dalam hasil translasi yang dihasilkan.

Layanan Google Translate dapat diakses melalui situs serta melalui aplikasi di perangkat Android dan iOS.
Sumber.google.com

Share