Cara Aman Memilih Headset yang Baik dan Nyaman

Share

Cara Memilih Headset/Earphone yang Baik

 

http://gadgetekno.com

Headset  merupakan sepasang pengeras suara berukuran kecil yang dipakai di telinga. Kelebihan  Headset daripada Headphone adalah modelnya yang ringkas dan praktis. Bentunya yang pas dilubang telinga membuat Headset   bisa digunakan kapan saja tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

Pemakaian  Headset /Earphone tidak hanya sebatas pada alat pemutar musik seperti MP3 Player, MP4 Player, atau radio. Earphone juga bisa menjadi alat komunikasi pelengkap pada ponsel atau lebih popular disebut Handsfree. Dengan bantuan teknologi Bluetooth, Earphone untuk telepon genggam tidak lagi membutuhkan bantuan kabel.

Saat ini ada beragam jenis Earphone yang ditawarkan di pasaran. Ada baiknya anda selektif dalam memilih Earphone. Berikut ini merupakan beberapa tips memilih Earphone yang baik:

  • Sebelum membeli headphone/headset, anda harus memperhatikan merek serta budget. Merek-merek seperti Sony, Panasonic,  Philips, Beats Audio, JVC, dan Sennheiser pastinya sangat Anda idamkan, dimana produk tersebut terkenal dengan kualitas tinggi. Tentunya harga menentukan kualitas, dan memang harga headset ini relatif agak mahal. Biasanya headset dengan harga diatas Rp150.000 kualitasnya sudah cukup baik
  • Pilih Earphone yang nyaman dan tidak membuat daun telinga nyeri saat dipakai
  • Pastikan Earphone terjamin kualitasnya dan memiliki garansi
  • Jika Earphone menggunakan kabel, sesuaikan panjang kabel sesuai kebutuhan
  • Pastikan ada label Standar Nasional Indonesia (SNI) pada Earphone yang dibeli
  • Cobalah Earphone sebelum anda memutuskan membeli untuk melihat kualitas suaranya. Pastikan suara yang dihasilkan Earphone cukup jernih tanpa noise (gangguan suara gemerisik)
Baca Juga :   5 Cara Mengatasi Hp Sulit di Dicharge

Ada beberapa macam bentuk headphone, jadi sebelum anda memilih anda pikirkan baik-baik bentuk headphone seperti gimana yang mau dibeli. Ada 3 macam headphone yaitu over ear (model headphone/ speaker menutupi seluruh telinga), earbuds (model headphone/ speaker menempel di lubang telinga tapi tidak masuk) dan in ear(model earphone / speaker yang masuk ke lubang telinga).

Patut di perhatikan, sebaiknya jangan menggunakan Earphone terlalu masuk ke dalam telinga dengan volume keras dalam jangka lama. Putar musik dengan suara maksimal 80 desibel. Musik dengan suara lebih dari 80 desibel dapat menyebabkan penurunan fungsi pendengaran.

Pengguna Earphone yang berlebihan juga dapat menimbulkan penyakit telinga berdengung (tinnitus) dan kerusakan saraf telinga. Oleh karena itu. Lepaskan earphone dari telinga setiap 20 menit dan atur volume tidak terlalu keras. Selamat menikmati musik kegemaran secara aman dan nyaman.

 

Share