Cara Aman Sebelum Mendownload Aplikasi

FacebookTwitterShare

Persiapan Sebelum Download

Seiring perkembangan teknologi yang pesat.Saat fungsi hp tidak hanya sebagai alat komunikasi saja Hp adalah alat berteknologi tinggi dengan multi fungsi, hp juga berperan sebagai konsol hiburan contonhya video hingga musik player. Selain itu hp disamping dijadikan alat telekomunikasi tetapi sebagai alat penghibur dirikita dengan fitur game didalamnya apalagi hp sekarang dilengkapi dengan kapasitas memori yang besar dan performa prosesor pada smartphone yang kian tinggi. Nah, buat Anda penggemar game di ponsel, kali Gadgetekno.com akan berbagi tips yang benar sebelum men-download game di ponsel anda.

Langkah-langkah Sebelum Mendownload Aplikasi Di Ponsel

  • Pasang Anti Virus

Pastikan komputer anda sudah dilindungi program anti virus yang uptodate.
Optimalkan pengaturan anti virus, khususnya pada fitur active scanner, virus shield, atau sejenisnya. Ubah pengaturan untuk melakukan scanning pada semua jenis file, termasuk file archive(zip, rar, dll). Jangan mudah percaya dengan pendapat bahwa file yang di compress menjadi archive aman untuk di download.

  • Hati-Hati Dengan Jenis File

Hati-hati dan beri perhatian khusus untuk download file dengan tipe (exe, com, bat, scr). Pastikan program anti malware dan firewall anda dalam keadaan prima (uptodate) sebelum menjalankan file tersebut. Untuk lebih amannya lakukan  scanning manual sekali lagi sebelum file dieksekusi (dijalankan).

  • Periksa Kemampuan (Ponsel)
Baca Juga :   Aplikasi Ponsel Nokia (Symbian S60v3) SMS Threaded View

Sebelum anda mendownload atau menginstall game ke HP anda lebih baik anda tahu dulu spesifikasi dan kemampuan HP anda apakah HP anda kompatible dengan game tersebut, terutama Operasi sistem yang menjalankan HP anda

  • Periksa Memory

Memori sangatlah penting bagi HP, karena disitu semua file disimpan.  Lebih baik anda cek terlebih dahulu kapasitas memori HP anda apakah masih banyak space atau tidak.  Apabila space memori kecil setelah anda install game maka kemampuan HP anda akan menurun. Ada baiknya game yang di-download memang disimpan di memori eksternal dan gunakanlah memori yang memiliki kapasitas yang lebih besar.

  • Kunjungi  Portal Penyedia Game

Saat ini banyak jalur untuk melakukan download game, dari pihak operator cukup gencar untuk menawarkan download game via SMS premium. Saran kami, meski ingin melakukan download OTA (over the air), coba lihat dahulu spesifikasi game yang mau di-download, caranya yakni dengan mendatangi situs/portal pengembang game tersebut. Cek, apakah benar hp Anda cocok untuk memainkan game tersebut.Download file dari situs resminya dapat mengurangi resiko terkena malware

  • Berbayar atau gratis
Baca Juga :   Cara-Cara Memotret dengan Kamera Ponsel smartphone

Ketika Anda mengunjungi situs penyedia game, kenali apakah Anda harus membayar untuk men-download game tersebut atau gratis. Ada banyak situs penyedia game yang menyediakan banyak game gratis. Atau game berbayar pun biasanya memberikan versi trial-nya atau limited version.

  • Lakukan Registrasi

Beberapa situs penyedia game mengharuskan Anda untuk melakukan registrasi atau pendaftaran. Sisihkan sedikit waktu Anda untuk mengisi form registrasi karena hanya dengan melakukan sekali pendaftaran, Anda dapat men-download puluhan hingga ratusan game secara gratis. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan update game terbaru. Tapi ingat, jangan sembarang registrasi di portal yang tak jelas.

  • Lihat Review dan Komentar

Sebelum Anda memutuskan untuk men-download game yang Anda pilih, ada baiknya lihat review dan komentar dari pengguna lain tentang game tersebut. Di Android Market, iTunes, dan BlackBerry Apps tersedia review yang memadai.

  • Download, instal dan Jalankan

Setelah Anda menentukan game yang Anda pilih, disana akan ada link seperti “download” atau “get now”. Klik link tersebut maka game tersebut akan otomatis tersimpan di HP Anda. Selanjutnya adalah menginstal dan game siap untuk dimainkan.

Sumber : berbagai sumber