Cara Memilih Tablet Yang Sesuai Kebutuhan

Share

Cara Memilih Tablet Yang Sesuai

Panduan ini disajikan untuk membantu Anda memilih, baik dari sisi sistem operasi, fitur dan merekomendasikan tablet yang kemungkinan paling tepat untuk Anda terutama bila ini menjadi tablet pertama yang Anda miliki. Setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk membeli tablet. Mungkin Anda mencari sesuatu untuk mengganti laptop atau hanya ingin mencari perangkat yang memiliki ukuran layar lebih besar sehingga nyaman digunakan untuk membaca. Oleh karena itu sebaiknya Anda memahami benar kebutuhan sebelum memilih tablet tertentu.
Berikut panduan sederhana untuk membantu Anda memilih tablet pc yang sesuai:

-Apa yang Anda butuhkan dari tablet ini?

Apakah untuk menonton film, menyimpannya di tas, mengetik dokumen, membaca artikel, menggunakannya untuk mendesain dengan photoshop? Apakah Anda memerlukan keyboard, stylus atau webcam? Seperti juga berbagai handphone pintar dan laptop, saat ini dipasaran tersedia berbagai ukuran tablet dengan variasi kemampuan yang berbeda-beda. Buatlah daftar kebutuhan utama Anda terlebih dahulu dan rangkumlah menjadi satu kebutuhan utama untuk mencari model tablet yang sesuai. Keputusan Anda di langkah ini akan berdampak pada langkah selanjutnya.
-Pilihlah sistem operasi tablet pc yang sesuai

  • Android
    iOS.
  1. Android

Sistem operasi yang diciptakan oleh perusahaan mesin pencari raksasa, Google ini bersifat open source dan menjadi OS terpopuler yang digunakan di berbagai smartphone dan tablet baru diluar iPad. Android memiliki berbagai aplikasi yang apik dan pasar konten yang dikenal dengan Google Play serta hadir dengan sejumlah besar layanan dari Google termasuk Gmail, Google+, browser Google Chrome, Google Calendar, Google Maps, turn-by-turn navigation, YouTube dan Google Wallet. Pada dasarnya, apabila Anda penggemar layanan Google, Android adalah pilihan yang tepat. Secara visual, OS ini mirip perpaduan antara iPad dengan OS pendahulunya seperti Windows dan Mac namun tentunya dengan berbagai hal baru. Sayangnya, pemilihan aplikasi yang dibuat untuk mendukung tablet masih kurang bervariasi dibandingkan aplikasi yang dibuat untuk ponsel Android.os android samsung galaxy tab

  1. iOS untuk iPad

iPad dijalankan dengan iOS. Saat ini iPad telah memiliki sekitar 200,000 variasi aplikasi dan hingga kini masih menjadi pimpinan di pasar tablet. Jika Anda memiliki perangkat Apple lainnya seperti iPhone atau iPod atau apabila Anda merupakan penggemar layanan seperti iTunes, maka iPad merupakan pilihan terbaik. Namun jika tidak, tetap saja kemungkinan iPad menjadi pilihan yang terbaik terutama dengan keunggulan generasi ke 3 yang dinamakan New iPad yang menjadi tablet terpopuler saat ini.
ios ipad apple

Baca Juga :   Tanda - Tanda Android Terkena Malware (Progaram Jail)

-Komputer Tablet pc ekonomis

Saat ini sedang berkembang kategori perangkat oleh produsen e-reader seperti Amazon dan Barnes & Noble. Nook Tablet dan Kindle Fire adalah dua tablet kecil berukuran 7 inch yang dijalankan dengan versi modifikasi dari Android tanpa memberi akses ke layanan Google, namun disertai dengan aplikasi serta toko konten milik masing-masing produsen yang menjual berbagai konten seperti buku, majalah, musik, film, TV, games dan aplikasi. Tablet jenis ini sepertinya merupakan tablet termurah yang beredar dipasaran terlebih karena ukurannya yang kecil dan fitur dan pengolahan daya yang terbatas. Tablet versi ini biasanya dijual dikisaran harga $200-$300.
kindle fire amazon

-Tablet pc Lainnya

Ada beberapa tablet lain seperti BlackBerry Playbook yang mungkin akan cocok apabila And memiliki perangkat di lingkungan yang sama (misalnya Anda pengguna ponsel BlackBerry). Namun umumnya, yang menjadi pertimbangan utama adalah salah satu dari iPad, Nook, Kindle atau tablet Android. Jangan lupa juga kemungkinan hadirnya tablet Windows 8 yang diisukan akan menghantam pasar di bulan November tahun ini. Sepertinya tablet Windows 8 akan menjadi salah satu pesaing unggulan di pasar tablet.

-Fitur yang ingin Anda dapatkan melalui tablet pc

Kapanpun Anda memutuskan untuk memilih tablet, tidak ada cara pintas untuk menentukan pilihan dan Anda juga tidak bisa mempercayai sepenuhnya penjelasan pegawai toko yang ingin menjual tabletnya. Berikut beberapa fitur yang mungkin Anda inginkan pada tablet Anda.

  • Ukuran layar

Ada berbagai variasi ukuran layar untuk tablet, mulai dari 7 inch hingga 13 inch. iPad dan Asus Transformer adalah beberapa pilihan tablet ukuran 10 inch sementara Kindle Fire berukuran 7 inch. Ukuran yang populer menjadi pilihan pengguna saat ini adalah antara 8 hingga 9 inch seperti Motorola Xyboard 8.2 dan Samsung Galaxy Tab 7.7 atau 8.9. Masing-masing orang berbeda kebutuhannya, beberapa orang beranggapan tablet ukuran 7 inch seperti Samsung Galaxy Tab 7.0 terlalu kecil namun lebih nyaman dibawa dan digenggam dibandingkan tablet ukuran 10 inch. Cobalah pikirkan matang-matang sebelum Anda memilih tablet yang paling tepat.

  • Layar HD

Sangat disarankan apabila Anda memilih tablet yang menggunakan layar Super AMOLED, namun jika tidak, layar LCD pun tetap dapat memberi tampilan yang memadai. Perhatikan pula resolusinya. Anda akan mendapat pengalaman yang mengesankan jika memilih tampilan tablet dengan resolusi 1280 × 800 pixel. Bagi Anda yang memiliki budget cukup, sebaiknya memilih tablet ber-resolusi 1920 × 1080 pixel atau lebih tinggi.

  • Prosesor dual core
Baca Juga :   Kode-Kode Rahasia Android Lengkap 2013

Direkomendasikan untuk memilih tablet dengan prosesor minimal dual core, karena biasanya prosesor single core tidak mampu berjalan mulus saat Anda mulai melakukan multitasking atau aplikasi tertentu. Jika Anda memiliki tujuan tertentu atau ingin main games, lebih baik memilih tablet berprosesor quad core berbasis Nvidia Tegra 3 seperti Asus Transformer Prime.

  • Hanya Wi-Fi

Bagi Anda yang memiliki anggaran untuk menggunakan koneksi berbayar 3G atau 4G LTE maka disarankan untuk membeli tablet dengan koneksi data (lebih disarankan yang 4G). Namun bila Anda lebih membutuhkan untuk menggunakan computer tablet pc saat berpergian, sepertinya memilih versi Wi-Fi menjadi pilihan tepat yang membuat Anda menghemat. Anda hanya perlu mencari hotspot Wi Fi untuk dapat berinteraksi dengan internet.

  • Upgrade

Apabila Anda memiliki tablet Android, tentu Anda menginginkan yang menggunakan OS Android 4.0 Ice Cream Sadnwich atau paling tidak mengetahui dengan pasti kapan komputer tablet pc Anda mendapatkan upgrade. Jika Anda membeli iPad, pastikan itu adalah model dari generasi kedua. Tidak seperti ponsel, tablet membutuhkan upgrade, jadi sebaiknya pastikan bahwa tablet pilihan Anda dijalankan dengan OS terbaru.

  • Masa aktif baterai

Tanyakan tentang hal ini dengan jelas. Perbedaan antar berbagai tablet pc salah satunya adalah masa aktif baterai. iPad umumnya dapat bertahan sekitar 10 jam, sehingga menjadi salah satu perangkat yang patut diperhitungkan. Asus Transformer Prime bahkan bisa bertahan 19 jam apabila Anda membeli tambahan keyboard. Jika tablet tidak mampu bertahan beberapa hari dalam satu kali charge saat Anda baru membelinya, kemungkinan kondisinya akan bertambah buruk dalam waktu 12-18 bulan mendatang.

  • Berbagai Port

Tidak seperti ponsel, tablet lebih membutuhkan berbagai port agar dapat berkoneksi dengan mudah. Pastikan tablet pc memiliki beberapa port utama termasuk Bluetooth, SD / microSD, USB atau microUSB, HDMI atau  microHDMI.

  • Webcam

Kami menyarankan Anda memilih tablet yang memiliki Webcam jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan komunikasi jarak jauh sambil bertatap muka seperti via Skype.

  • Keyboard

Asus Transformer menjadi salah satu tablet pc Android yang populer terutama karena memiliki dok untuk keyboard yang dapat membuat ketahanan hidupnya meningkat dua kali lipat dan membuat Anda nyaman untuk mengetik. Apabila Anda sepertinya akan sering menggunakan tablet pc untuk mengetik, maka sebaiknya memilih komputer tablet pc yang mempunyai pilihan keyboard eksternal.

Share