Cara Mencegah Ponsel Tidak Meledak

Share

Tip N Trik  Mencegah Ponsel Tidak Meledak

Dengan Banyaknya berita di berbagai media masa tentang pemberitaan ponsel-ponsel high end sekelas Samsung Galaxy S III, iPhone 4, dsb terbakar, meledak  ternyata bukan berita issu.ataupun bukan cuma legenda,Alasan yang paling masuk akal adalah terjadinya arus pendek pada baterai ponsel yang terbuat dari bahan kimia yang dapat memicu terjadinya reaksi kimia kemudian menghasilkan energi panas.

Berikut adalah Tip n Triks untuk mencegah terjadinya kecelakaan meledaknya telepon selular :

  • Gunakan baterai orisinil
    Baterai orisinil melalui tahap pengujian kualitas yang ketat sehingga produk yang dijual mempunyai kualitas yang lebih terpercaya. Jadi jangan sesekali menggunakan baterai ponsel palsu, selain tidak menjaim kualitas juga tidak akan ada pihak yang bertanggung jawab jika terjadi masalah.
  • Tidak memperbaiki baterai rusak
    Ketika daya dan umur ponsel mulai melemah drastis lebih baik diganti dengan baterai yang baru. Jangan coba-coba memperbaiki baterai yang sudah rusak. Ini bisa membuat susunan rangkaian unsur pembentuk ponsel menjadi berantakan yang akhirnya akan menyebabkan fungsi ponsel tidak bekerja dengan baik.
  • Tidak membeli baterai bekas
    Jika baterai yang dibeli baru saja bisa meledak, apalagi yang bekas. Kita tidak bisa tahu pemakaian barang bekas oleh pemilik sebelumnya kan? Jika baterai sudah pernah dimodifikasi kan bisa repot.
  • Matikan ponsel jika terasa panas
    Jika badan ponsel terasa mengeluarkan panas berlebihan segerakan matikan ponsel, ada kemungkinan ini sebagai akibat overheating yang terjadi pada baterai.
  • Kembalikan ponsel bermasalah
    Jika ponsel yang Anda beli mengeluarkan panas yang berlebihan segera hubungi pihak vendor untuk meminta ganti dengan ponsel baru.
  • Tidak men-charge pada waktu yang lama.
    Ketika ponsel menandakan “Battery is Fully Charge”, segerakan untuk mencabut charger. Baterai ponsel yang sudah mencapai posisi penuh namun Anda tetap membiarkannya dalam posisi ter-charge dapat menyebabkan overheating.
  • Hindarkan baterai dari paparan panas tinggi seperti dashboard mobil yang terpapar sinar matahari atau terkena paparan langsung sinar matahari.
  • Tidak menggunakan ponsel saat diisi.
    Ketika ponsel di-charge akan terjadi perubahan energi listrik menjadi energi kimia dan juga terjadi arus masuk dan keluar secara bergantian. Apabila ponsel yang sedang diisi kita pakai untuk menelepon maka akan menambah beban pada proses kimia tersebut.
  • Gunakan sarung ponsel
    Dengan menggunakan sarung ponsel setidaknya jika terjadi ledakan, risiko kecelakaan bisa diminimalkan. Saat ini kita bisa mendapatkan sarung untuk ponsel dengan mudah, toko aksesoris ponsel dapat ditemui di setiap pusat pertokoan ponsel.
  • Jangan letakkan ponsel di bagian rawan.
    Daerah rawan maksudnya bagian tubuh yang memiliki risiko kecelakaan fatal seperti dada yang berdekatan dengan jantung, jadi jangan dibiasakan meletakkan ponsel pada saku kemeja.
  • Hindari menggunakan charger non standar yang tidak sesuai spesifikasi kecuali anda mengerti dengan baik daya yang dihasilkan oleh charger cocok dengan perangkat anda. Penggunaan charger non standar bisa mengakibatkan rusaknya rangkaian pengaman baterai.
Share