Cara Upload/Mengirim Video ke YouTube Dengan Mudah

FacebookTwitterShare

Cara UploadĀ  Video ke YouTube

Di masa sekarang ini hampir setiap orang pasti mengetahui situs video streaming tersebut, selain dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam video pribadi, situs milik Google ini juga sudah dijadikan sebagai alat promosi oleh beberapa perusahaan tertentu. Selain itu, YouTube juga ternyata bisa dijadikan sebagai jalan pintas untuk ajang promosi diri sendiri. Contoh yang paling terkenal tentu saja kesuksesan penyanyi Justin Bieber yang mengawali karirnya sebagai artis YouTube.

Nah, jika Anda tertarik untuk ikut serta meramaikan situs video streaming terebut, maka Anda juga bisa mengupload video apapun yang Anda miliki ke situs tersebut. Caranya juga sangat mudah karena Anda tidak perlu membayar untuk mengupload video tersebut, siapa tahu akan ada orang yang mengendus bakat yang Anda tunjukan di video tersebut. Maka dari itu, kali ini Gadgetekno.com akan menjelaskan kepada Anda cara upload video ke YouTube dengan mudah.

  • Registrasi Akun Google

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja Anda harus melakukan registrasi akun Google terlebih dahulu. Akun Google ini merupakan akun yang dpakai untuk mengakses seluruh layanan Google seperti Gmail, Blogger, Google+, dan masih banyak lagi. Cara melakukan registrasinya hanya tinggal mengklik tombol Sign In yang ada di sebelah kanan atas layar Anda. Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman Sign In Google, dan di sana Anda hanya tinggal mengklik tombol Create an account. Jika sudah memiliki akun Google, maka Anda hanya tinggal melakukan sign in saja untuk dapat mulai mengupload video ke YouTube.

  • Upload Video
Baca Juga :   Trik Cara Menyadap SMS

Setelah melakukan sign in, cara upload video selanjutnya adalah dengan cara mengklik tombol Upload yang terletak di samping kolom search. Setelah itu Anda dapat langsung memilih video yang ingin diupload ataupun bisa langsung men-drag-nya file video tersebut ke browser Anda.

Selain mengupload file video yang sudah ada di harddisk, Anda juga dapat langsung mengambil video menggunakan webcam layaknya Moymoy Palaboy ataupun Sinta-Jojo. Caranya, klik tombol webcam capture yang ada di samping kolom untuk mengupload video. Di bawah tombol webcam capture Anda juga akan menemukan tombol Photo Slideshow yang dapat digunakan untuk membuat video yang berbentuk slideshow foto. Layanan ini sama seperti yang sering ditemui di aplikasi Windows Movie Maker.

Setelah proses upload selesai, Anda dapat langsung memberikan judul, deskripsi, serta tag dari video tersebut. Anda juga dapat memilih gambar thumbnail dari video untuk memberikan preview kepada orang yang ingin melihat video Anda. Selain itu, kontrol privasi serta kategori video juga dapat diatur di halaman ini. Jika Anda bergeser ke tab advanced setting, maka Anda dapat memberikan berbagai macam informasi tambahan mengenai video tersebut, seperti lokasi dan waktu pengambilan video, jenis lisensi, dan lainnya.

  • Mengedit Video
Baca Juga :   Update Os Android Nougat Segera hadir di HTC 10, One A9 dan One M9

Jika Anda telah selesai memasukan berbagai macam informasi mengenai video tersebut, maka selanjutnya Anda dapat mengedit video untuk menjadi lebih bagus dan menarik. Caranya, klik tombol video manager yang ada di sebelah kanan atas, setelah itu klik tombol edit yang ada di samping video yang ingin diedit. Di bagian Info and Setting Anda dapat mengubah informasi mengenai video tersebut jika ada hal yang dirasa kurang cocok.

Selanjutnya pada tab Enhancements Anda dapat melakukan berbagai macam pengaturan seperti memotong video dan merotasi video ke sebelah kiri atau kanan. Anda juga dapat memberikan efek khusus kepada video tersebut dengan cara mengklik beberapa tema yang sudah disediakan seperti Black and White, HDR, Lomo, dan lainnya. Selain itu, jika video tersebut memiliki beberapa kekurangan seperti blur, audio dan video yang tidak sinkron, maka YouTube dapat langsung memperbaiki kekurangan tersebut.

Di bagian tab audio, Anda dapat memasukkan musik ke dalam video tersebut, dan Anda juga bisa memasukkan anotasi di bagian tab Annotation. Jika Anda ingin memasukkan subtitle ke dalam video tersebut, maka Anda dapat memasukannya di tab Captions. Nah, begitulah cara upload video ke YouTube dengan mudah. Jika Anda memiliki sebuah video menarik, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengupload video tersebut agar orang lain juga dapat melihatnya. Semalmat berkreasi……