Cegah Ponsel Ilegal Samsung dan LG Ciptakan Fitur Tombol Mati Dari Jarak Jauh

Share

Fitur Kill Switch

Smartphone yang diproduksi 2013 -2014 untuk Korea wajib memiliki fitur “Kill Switch” atau “tombol mati”. Fitur ini merupakan sebuah fitur keamanan yang berfungsi “mematikan” perangkat dari jarak jauh. Keberadaan fitur “tombol mati” adalah jawaban atas maraknya pencurian terhadap perangkat smartphone.

Pada Selasa 13 Agustus 2013, Kementerian Ilmu Pengetahuan, ICT dan Perencanaan Korea Selatan memperkenalkan “Tindakan pencegahan terhadap penggunaan ponsel ilegal” sebagai respon terhadap meningkatnya jumlah ponsel yang hilang dicuri yang kemudian diselundupkan ke pasar luar negeri.

Fitur “Kill Switch” ini memungkinkan pengguna mematikan ponsel mereka dari jarak jauh. Setelah fitur ini aktif, ponsel tersebut akan “membeku” atau tidak bisa dioperasikan sama sekali. Fungsi tersebut mencegah sang pencuri melakukan format perangkat, sebuah tindakan yang biasa dilakukan untuk membuka kembali akses ke sebuah perangkat dengan mengubah setelannya ke pabrikan awal.

Samsung Electronics dan LG Electronics akan mulai memproduksi smartphone yang sudah langsung memiliki fitur tersebut. Sementara vendor lokal, Pantech, sudah menanamkan fungsi tersebut sejak Februari 2013. Pantech juga berencana mengenalkan fungsi tambahan keamanan baru dengan memanfaatkan teknolgi Global Positioning System (GPS). Fitur ini sekaligus sebagai pencegah penyalahgunaan perangkat mobile.

Share