Daftar Aplikasi Pencatat Terbaik Smartphone Android

FacebookTwitterShare

Aplikasi Pencatat Terbaik

Pernahkah Anda lupa menyampikan pesan yang dipercayakan kepada Anda untuk disampaikan ke orang lain? Bahkan, Anda lupa untuk menuliskannya di sebuah memo dan ditinggalkan di meja/tempat orang yang bersangkutan? Kejadian tersebut bukanlah hal yang aneh karena hampir semua orang pernah lupa menyampaikan sesuatu, atau sebaliknya, pernah berada dalam posisi tidak mendapatkan pesan yang dititipkan melalui pihak perantara.

Jika Anda ingin menghindari hal-hal seperti itu terjadi atau terulang lagi, ada baiknya Anda memanfaatkan sebuah aplikasi pencatat cepat di perangkat Android Anda.seperti smartphone, mempunyai banyak fungsi yang berbeda bagi setiap penggunanya.aplikasi pencatat ini pun sangat banyak macamnya dalam Play Store.kali ini kami akan menghadirkan aplikasi pencatat yang paling populer di platform Android.

Aplikasi Pencatat Terbaik Smartphone Android:

ColourNote Notepad To Do

Familiar dengan kertas kuning berperekat yang biasa disebut dengan post-it? Aplikasi ini seperti versi elektronik dari post-it. Mempunyai tampilan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga penggunanya tak membutuhkan waktu yang banyak dalam memulai pencatatan. Pengembang aplikasi ini juga menyediakan widget, yang bisa memperlihatkan catatan anda dalam homescreen perangkat Android anda.  Tersedia juga fitur keamanan bernama Locknote, yang bisa mengamankan catatan anda dengan password.

Evernote

Evernote adalah salah satu aplikasi pencatat yang paling populer di kalangan pengguna smartphone. Hingga saat ini, Evernote untuk platform Android telah diunduh lebih dari 10 juta kali. Bahkan, The New York Times pernah menyebut aplikasi ini sebagai salah satu aplikasi Android yang harus dimiliki.

Keunggulan utama Evernote adalah fungsionalitas dan kesederhanaan tampilannya. Bahkan, jika Anda mempunyai perangkat mobile lain selain Android, Anda juga bisa mensinkronisasikan catatan yang telah disimpan ke dalam setiap perangkat tersebut. Fitur utama dari Evernote adalah kemampuannya untuk mengambil gambar, dan menyimpannya ke dalam catatan yang telah Anda buat. Kicauan di Twitter pun juga bisa disimpan ke dalam aplikasi ini. Selain itu, Anda juga bisa merekam voice reminder. Catatan yang telah dibuat bisa dibagikan kepada orang lain menggunakan email, ataupun Facebook.

Microsoft OneNote

Microsoft OneNote adalah anggota Microsoft Office. Dengan MO kamu bisa melihat excel, slide powerpoint, dan grafik pada smartphonmu. Untuk mengedit file, bukalah apliasi Office Web pada handphonemu, lalu kamu bisa mengubah text, membuat tabel, membuat slide dan banyak fungsi lainnya.

Baca Juga :   6 Aplikasi Terbaru dan Terpopuler di Android April 2014

MO gratis untuk iOS dan Android, tetapi hanya dibatasi hingga 500 catatan saja. Setelah 500 catatan kamu diharuskan membayar untuk versi unlimited sebesar $4.99.

Google Keep

Ini adalah aplikasi pencatat buatan Google. Keunggulannya? Tentunya kompabilitas dengan sejumlah layanan Google lainnya.  Salah satunya adalah Google Drive dan peramban Chrome. Setiap catatan yang dibuat dalam Keep, akan tersimpan ke dalam Drive, dan juga bisa diakses melalui Chrome. Hal ini tentu akan menyenangkan jika Anda sudah “terjebak” dalam ekosistem layanan Google.

Keunggulan Keep tak berhenti sampai disitu, karena aplikasi ini juga mampu merekam foto, suara, berbagai to-do list, dengan sangat cepat. Bahkan ketika digunakan pada perangkat yang sudah “berumur”, Keep pun tetap responsif dalam perpindahan menunya. Namun perlu diingat, aplikasi ini hanya bisa digunakan di perangkat Android dengan OS versi 4.0 atau Ice Cream Sandwich ke atas.

Any.DO

Any.DO adalah aplikasi pengingat catatan. Memiliki alaram pengingat, dan pada Android kamu bisa menempelkan catatan/to-do list mu di halaman depan.  Kamu bisa menset alaram berdering sekali atau berulang. Any.DO membolehkan kamu untuk menggunakan fitur bicara (speak) jika kamu sedang tidak ingin mengetiknya.
Kamu bisa menyusun catatanmu berdasarkan tanggal atau kamu bisa menyimpannya didalam folder. Ketikan kamu tidak butuh catatanmu atau sudah menyelesaikan semua tugas

Catch Notes Notepad

Jika Anda membutuhkan aplikasi pencatat dengan tampilan yang simpel dan elegan, mungkin Catch Notes adalah aplikasi yang harus coba. Tak hanya mempunyai tampilan yang bagus, namun Catch Notes juga mempunyai dashboard yang fungsional untuk akses cepat ke dalam fitur-fiturnya. Serupa dengan aplikasi pesaingnya, Catch Notes juga membolehkan penggunanya untuk menyimpan sejumlah foto dan suara dalam satu catatan.

AK Notepad

Aplikasi ini dibuat oleh catch.com, pengembang yang juga membuat aplikasi Catch Notes. Salah satu perbedaan aplikasi ini dibanding aplikasi pencatat lainnya adalah pengguna bisa mengubah theme dari AK Notepad sesuai seleranya masing-masing. Anda juga bisa menyimpan dan mengambil catatan yang telah Anda simpan dalam server catch.com. Anda pun bisa memasang password dalam catatan tertentu saat menyimpannya di catch.com, catatan tersebut pun tentu bisa disimpan dalam SD card perangkat Anda.

Baca Juga :   LegaTalk , Aplikasi Android Curhat Tapi Tidak Tahu Identifitasnya

Spring Pad

Spring Pad adalah aplikasi pencatat dan bookmarking/penanda. Bisa login menggunakan akun Facebook, Twitter, Yahoo atau Google. Kita bisa menyesuaikan catatan kita menggunakan tags, berbagai warna, kategor, bahkan membuatnya privacy dan banyak lagi.
Ada perbedaan tipe catatan yang bisa kamu tambahkan seperti; barang, film, checklist, dan banyak lagi macamnya. Selanjutnya, kamu bisa mencari atau bereksplorasi catatan yang kamu suka dengan komunitas Spring Pad, juga bisa meninggalkan komentar untuk berinteraksi dengan pemilik catatan tersebut.

GNotes

Dari namanya, mungkin Anda mengira Gnotes adalah salah satu aplikasi buatan Google. Bukan, aplikasi ini dibuat oleh Appest Inc. Nampaknya huruf G dalam nama aplikasi ini mengacu kepada kemampuannya untuk mensinkronisasikan catatan ke dalam akun Gmail milik penggunanya. Setelah Anda melakukan login ke akun Gmail dalam aplikasi Gnotes, setiap catatan yang anda buat secara otomatis akan tersimpan dalam layanan email milik Google tersebut. Tak Cuma teks, Gnotes juga mampu menyimpan gambar, lukisan, audio, maupun berkas video dalam catatannya.

Inkpad Notepad

Inkpad adalah sebuah aplikasi yang sangat user-friendly. Seperti ketika mencatat dalam kertas, aplikasi ini mempunyai fitur auto-save, sehingga Anda tak perlu menekan tombol apa pun ketika Anda sudah selesai mencatat. Bahkan setelah disimpan pun, Inkpad secara otomatis akan mensinkronisasikan catatan tersebut ke dalam server milik mereka.

MobisleNote

Aplikasi buatan Mobisle Apps ini mempunyai fitur yang serupa dengan sejumlah pesaingnya. Anda bisa menuliskan catatan, ide, jadwal, juga to-do list dengan mudah. Catatan tersebut bisa diorganisir dalam folder, dan diamankan menggunakan password. Catatan yang telah disimpan juga bisa dibagikan kepada orang lain secara online melalui sebuah tautan. Anda dan teman-teman juga bisa berkolaborasi dalam menuliskan sebuah catatan pada aplikasi ini. Salah satu kelemahannya adalah, pada versi gratisnya Anda akan diganggu oleh keberadaan iklan saat membuka aplikasi ini, untuk menghilangkan iklan tersebutAnda harus mengeluarkan biaya sebesar US$2 untuk mendapat aplikasi yang bebas iklan.