Fitur – fitur Terbaru di OS Android 4.4 KitKat

FacebookTwitterShare

Kelebihan Fitur -OS Android 4.4 KitKat

Google akhirnya resmi merilis versi Android terbaru 4.4. Melalui Android terbaru ini, Google dikatakan telah mendesain tampilan yang lebih nyaman, beberapa perbaikan performa dan fitur baru. Android versi terbaru yang akan memulai debutnya bersama Nexus 5 ini.

Dan Kabar baiknya adalah Android 4.4 KitaKat, dapat digunakan untuk perangkat yang menggunakan RAM minimal 512 MB. Sehingga perangkat Android kelas Entry level pun akan dapat merasakan update terbaru dari OS Android terbaru dari Google ini. Dengan munculnya Android baru ini, Google bahkan langsung menargetkan 1 miliar pengguna untuk Android 4.4 KitKat.
Sebagai versi teranyar, sistem operasi “wafer berlapis cokelat” yang namanya diambil dari produk makanan Nestle ini dijejali dengan berbagai fitur baru. Apa saja? Berikut ini daftarnya, sebagaimana dirangkum dari Pocket-Lint.

-Immersive mode

Android 4.4 memiliki immersive mode yang akan menyembunyikan segala macam elemen tampilan di layar, kecuali konten yang sedang ingin dilihat oleh pengguna. Hal tersebut bisa membuat aktivitas membaca buku, bermain game, ataupun menonton film jadi lebih nyaman.

-Akses kontak langsung dari aplikasi telepon

Menurut Google, pengguna Android Kitkat bisa menelusuri daftar kontak, mencari tempat tertentu di lokasi sekitar, dan mengakses akun-akun Google Apps langsung dari aplikasi telepon.

Baca Juga :   LG G Pad 8.3 dan Sony XPeria Z Ultra Google Play Edition Resmi Di Luncurkan

Android Kitkat pun secara otomatis menyusun daftar kontak berdasarkan orang-orang yang paling sering dihubungi oleh pengguna.

-Launcher Nexus 5

Android Kitkat mengusung cara berinteraksi gaya baru seperti yang terdapat pada Nexus 5. Google Now kini bisa diakses hanya dalam sekali sapuan jari dari tampilan utama.

Perintah suara pun bisa langsung dipakai untuk menjalankan voice search, atau mengirim SMS tanpa harus menyentuh layar terlebih dahulu. Cukup dengan mengucapkan “Ok, Google” saat berada di Google Now ataupun Home Screen. Untuk Google Now, sejumlah cards tipe baru akan ditambahkan.

-Desain baru

Dalam sistem operasi mobile terbarunya ini, Google menerapkan konsep desain yang lebih sederhana dan “bersih”.

Contohnya seperti notification bar tembus pandang yang akan disembunyikan ketika pengguna menjalankan aplikasi full-screen. Meski begitu, secara keseluruhan, Kitkat masih mirip dengan pendahulunya, Jelly Bean.

-Tampilan album art pada lockscreen

Ketika pengguna sedang memutar musik atau memproyeksikan film ke Chromecast, lock screen akan turut menampilkan album/movie art. Musik dan film pun bisa langsung dinavigasikan dari sini dengan menekan tombol play atau pause.

-Multitasking lebih mulus, baterai lebih hemat

Google menjanjikan multitasking yang lebih mulus pada Android Kitkat. Hal ini diwujudkan melalui optimalisasi memori dan touchscreen sehingga perangkat menjadi lebih responsif.

Baca Juga :   2 Smartphone 4G LTE Harga Murah - Huawei Honor 4X dan Honor 6 Plus

Untuk menghemat baterai, disediakan opsi battery saving pada menu settings di bagian location. Pengguna bisa memilih antara mode pemetaan lokasi yang lebih akurat atau lebih hemat baterai.

-Emoji dan wireless printing

Google keyboard kini turut menyediakan sejumlah emoji yang bisa dipakai dalam pesan teks.

Tak ketinggalan, kemampuan mencetak dokumen ke printer mana pun yang terhubung ke Google Cloud Print. Ada pula opsi untuk mencetak lewat HP ePrinter atau printer lain melalui aplikasi yang tersedia di Google Play.

-Integrasi lebih mendalam dengan Google Drive

Menurut keterangan dari Google, aplikasi semacam QuickOffice kini bisa membuka dan menyimpan dokumen langsung ke Google Drive maupun layanan cloud storage lain atau ke perangkat pengguna. Dokumen-dokuman yang terakhir dikerjakan akan muncul dalam daftar recently used sehingga lebih mudah diakses.

Di samping Nexus 5, Google mengatakan bahwa update Android 4.4 Kitkat juga akan disalurkan ke perangkat-perangkat Android dari produsen lain. Tentu, hal ini sepenuhnya tergantung pada kemauan produsen yang bersangkutan untuk menyediakan update.

Google menyediakan sebuah situs khusus berisi daftar kemampuan baru yang dimiliki Kitkat. untuk lebih jelasnya silakan anda kunjungi di situs resminya di http://www.android.com