Kelebihan Prosesor MediaTek MT6592;Prosesor 8 Otak

Share

Kelebihan Prosesor MediaTek MT6592

Mediatek sudah memperkenalkan chip MT6592 sejak beberapa bulan lalu, namun baru hari ini mereka merilis chipset tersebut secara resmi. Keistimewaan chip ini adalah memiliki 8 inti prosesor yang benar-benar berjalan semuanya, sehingga Mediatek mengklaimnya sebagai chip 8 core sejati. Chip octacore Mediatek berjalan bersamaan dalam waktu yang sama, berbeda dengan chip Exynos 5 yang digunakan Samsung di Galaxy S4.

Exynos 5 memang memiliki 8 inti, namun kedelapan inti itu tidak berjalan bersamaan, melainkan dengan teknologi big.LITTLE, di mana ada sepasang prosesor quadcore, dan hanya sebuah prosesor quadcore yang bekerja dalam satu waktu, tergantung berat atau ringan tugas yang dilakukan. Itulah mengapa Mediatek mengklaim bahwa chip buatannya adalah chip 8 inti sejati. Dengan arsitektur 28nm dan kemampuan clock hingga 2GHz, Mediatek mengklaim 8 inti ini bisa digunakan tanpa terkena overheating.

Algoritma terjadwal dari Mediatek akan memantau temperatur dan konsumsi daya untuk memastikan chipset tersebut melakukan performa yang optimal. Di dalamnya juga ada subsistem multimedia dengan sebuah engine grafis quadcore dan sebuah sistem playback video yang mendukung hingga resolusi 4K Ultra HD (3840×2160 piksel). Selain itu, chipset ini juga mendukung kamera 16 MP dan layar Full HD. Untuk konektivitas, chip 8 inti ini mendukung WiFi dual band 801.11n, Miracast, Bluetooth, GPS dan Radio FM.

Baca Juga :   Ponsel Merk Terbaru Newkia Bakal Hadir OS Android

Barangkali yang cukup menarik adalah teknologi Clear Motion dari Mediatek mengkonversi video dengan framerate 24 atau 30 fps menjadi 60 fps untuk memastikan playback yang lebih smooth. Apakah fitur ini benar-benar membuat gerakan dalam video menjadi halus (seperti fitur fast motion di LED TV kelas atas, yang melakukan interpolasi sedemikian rupa terhadap framerate sehingga gerakan terasa sangat halus) atau hanya gimmick, kita tunggu saja.

Share