Kominfo Akan Gelar Tes Kualitas layanan Telekomunikasi Menjelang Lebaran 2013

Share

Kominfo  Tes  Telekomunikasi   Menjelang Lebaran 2013

Kominfo mengungkap tentang kesiapan layanan telekomunikasi jelang lebaran 2013. Seluruh mitra Kementerian Kominfo telah melakukan berbagai persiapan terkait dengan peningkatan kualitas layanan yang harus dilakukan.

beberapa poin utama yang dipaparkan Kominfo antara lain, akan digelar secara resmi konvoi rombongan kendaraan dari BRTI (Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia) dan 9 penyelenggara telekomunikasi (Telkom, Telkomsel, XL Axiata, Axis Telekom, Bakrie Telecom, Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, Smart Telekom, Smart Fren, dan Hutchison 3 Indonesia).

Mereka yang akan melakukan test drive atau pengecekan kualitas layanan telekomunikasi ke sejumlah rute tertentu yang diperkirakan akan sangat padat arus mudik saat suasana Lebaran, yaitu ke area Merak dan Bakauhuni, Cirebon, Tasikmalaya serta dari Semarang ke arah Solo dan terus menuju Surabaya. Pengujian tersebut sengaja dilakukan beberapa hari sebelum Lebaran, karena dimaksudkan untuk mengetahui keberhasilan panggilan telefon (dan sebaliknya juga kemungkinan dropped call), blocked call dan rata-rata lamanya pengiriman SMS serta komunikasi data lainnya.

Pengecekan juga dilakukan untuk wilayah Sumatera, Kalimantan dan Indonesia Bagian Timur mengingat tingkat pergerakan masyarakat untuk mudik juga cukup tinggi. Tujuan utama test drive tersebut adalah untuk mengetahui kesiapan para penyelenggara telekomunikasi dalam menghadapi kemungkinan lonjakan trafik penggunaan layanan telekomunikasi di saat suasana Lebaran 2013.

Baca Juga :   Nomer Telfon Pelayanan Pelanggan Telkomsel 24 jam

Kominfo juga mengungkap pada saat suasana Lebaran (H-1 hingga H+1) akan terjadi lonjakan trafik layanan telekomunikasi secara umum hingga sekitar 20 persen hingga 37 persen dari hari-hari biasa, atau secara total diperkirakan akan terkirim sebanyak 7 milyar SMS yang saling terkirim di seluruh penyelenggara telekomunikasi di Indonesia pada H-1, H dan H+1.

Pada tahun sebelumnya, rata-rata dalam sau hari di hari H terkirim sebanyak 4 milyar SMS. Lonjakan pengiriman SMS selama 3 hari itu meski tinggi, tetapi faktanya mengalami penurunan hingga sekira 21 persen dibandingkan Lebaran 2012 dan juga turun hingga 2 persen dibandingkan hari-hari biasa di sepanjang Januari sampai dengan Juli 2013.

Layanan pesan tersebut belum termasuk yang dikirimkan melalui layanan MMS, BBM, WhatsApp Messenger, Line, Tango, Kakao Talk dan Email yang cenderung meningkat hingga sebanyak 180 juta layanan pesan atau mengalami kenaikan hingga lebih dari 360 persen dibandingkan hari-hari biasa. Pesan singkat tersebut dikirimkan melalui multi smartphone seperti BlackBerry dan Android.

Untuk layanan suara, diperkirakan secara total akan berlangsung pembicaraan hingga 6.684.000.000 menit dalam 3 hari tersebut pada saat yang bersamaan dari puluhan juta pengguna layanan telekomunikasi, baik untuk berinteraksi saat mudik atau kemacetan arus mudik dan juga saat bersilaturahim atau meningkat sekitar rata-rata 14 persen. Tahun ini diprediksi trafik voice akan lebih tinggi dibandingkan lebaran 2012 dan naik sekira 21 persen dari kondisi normal hari-hari biasa di sepanjang Januari sampai dengan Juli 2013.

Baca Juga :   Indosat Hadirkan Kartu Prabayar Konten Islami

Untuk komunikasi data atau penggunaan internet, akan mengalami kenaikan hingga sekitar 238 terabytes atau meningkat sekitar rata-rata 26 persen hingga 65 persen jika dibandingkan kondisi normal. Kominfo mengimbau seluruh penyelenggara telekomunikasi melakukan berbagai upaya persiapan guna mengatisipasinya, di antaranya melalui ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan dan quality improvement khususnya di jalur-jalur mudik.

Berdasarkan pengalaman Lebaran 2012, beberapa daerah yang diperkirakan akan meningkat trafik telekomunikasinya adalah di sekitar Jawa Barat,  Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Lampung, Lampung, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan
Via okezone.com

Share