Phonsel Windows Phone Di 5 Negara Eropa Mulai Menggeliat

Share

Windows Phone

Menurut survei yang dilakukan Kantar Worldpanel, pangsa pasar Windows Phone di 5 negara besar Eropa yang terdiri dari Prancis, Jerman, Italia, Spanyol, dan Inggris telah mencapai 9,2 persen. Nilai tersebut meningkat drastis dari 5,1 persen pada tahun lalu.

Pencapaian terbesar Windows Phone terlihat di Jerman. Di negara ini, sistem operasi mobile buatan Microsoft ini berhasil mendapatkan 8,8 persen pangsa pasar. Nilai ini hanya sedikit lebih kecil dari iPhone dengan nilai 9,5 persen.

Sementara, pangsa pasar Windows Phone mencapai double digit di Prancis dan Jerman dengan nilai 10,8 persen dan 12 persen. Nilai tersebut melonjak jauh dibandingkan dengan tahun lalu, di mana Windows Phone hanya mampu mendapatkan 5,6 persen pangsa pasar di Prancis dan 4,5 persen di Inggris.

Menurut Kantar Worldpanel, suksesnya Microsoft dalam meningkatkan pangsa pasar Windows Phone disebabkan diluncurkannya perangkat dengan harga terjangkau dari Nokia, seperti Lumia 520 dan Lumia 620.

“Peningkatan terbaru dari Windows Phone didorong oleh ekpansi Nokia ke pasar bawah dan menengah melalui produk Lumia 520 dan 620,” kata Dominic Sunnebo, Direktur Kantar Worldpanel, seperti dikutip dari Venturebeat.com

Baca Juga :   5 Smrtphone Android Jellybean Lokal Terbaru Yang Hadir Di Pasaran

“Model ini berhasil menyasar pengguna dengan umur antara 16 hingga 24 tahun dan 35 hingga 49 tahun, dua grup kunci yang mencari keseimbangan harga dan fungsi di ponsel pintar mereka,” lanjutnya.

Bagaimana Dengan Android di Eropa?

Android masih berkuasa di daratan Eropa. Pangsa pasar sistem operasi mobile buatan Google di 5 negara besar Eropa mencapai 70,1 persen. Nilai ini meningkat dari 68,8 persen dari tahun lalu.

Meskipun begitu, pihak Kantar memperingatkan Google bahwa persaingan ini belum usai, terancam oleh meningkatnya pangsa pasar Windows Phone dan iOS di Eropa.

“Android tetap menjadi sistem operasi paling top di seluruh Eropa, tetapi posisi yang dominan ini semakin terancam dengan meningkatnya pangsa pasar Windows dan iOS,” tulis Kantar Worldpanel dalam siaran pers.

Share