Tuesday, 23 September 2014

Samsung ATIV Smart PC, Tablet Windows 8 , Layar 11.6 inci

Share



Samsung ATIV Smart PC

samsung ativ smart pc 300x229 Samsung ATIV Smart PC, Tablet Windows 8 , Layar 11.6 inci

Samsung-ATIV-Smart-PC Deretan tablet serta notebook baru menghiasi etalase toko gadget. Sebagian besar berlomba-lomba menawarkan kemampuan tangguh prosesor, dan didukung fitur bawaan mumpuni untuk memikat konsumen. Salah satunya adalah Samsung ATIV Smart PC.

Tablet yang dibanderol dengan harga sekitar Rp9,5 jutaan (plus dock keyboard) ini mengusung konsep ‘Hybrid’. Ya, selain sejatinya sebuah tablet dengan dukungan docking keyboard ATIV Smart PC ini bisa bertransformasi menjadi sebuah notebook. Konsep ini sebenarnya juga digunakan oleh Asus Transformer. Menariknya, Samsung ATIV Smart PC didukung layar seluas 11.6 inci yang relatif cukup besar untuk sebuah tablet PC. Ukuran layar yang luas ini tentu saja membuat bodi ATIV Smart PC terlihat ‘tambun’, meski begitu bobotnya tetap saja terasa ringan sekitar 744 gram.

Interface dan Layar
Seperti disinggung di atas, Samsung ATIV Smart PC ini menggunakan sistem operasi Windows 8. Antarmukanya tersusun dalam struktur kotak-kotak, khas Metro UI Windows 8 Microsoft dengan pancaran warna-warni atraktif yang memenuhi tampilan awal (home/start).  Jajaran kotak menu di interface Windows 8 ini disebut “Tile”, dan bisa menampilkan update informasi dari menu atau aplikasi bersangkutan. Kerennya, pengguna ATIV Smart PC dapat mengatur jajaran “Live Tile” ini sesuai keinginan. Tinggal pilih, sentuh dan tahan beberapa saat selanjutnya geser ke posisi yang diinginkan. Selain menampilkan struktur menu standar tablet Windows 8, pengguna juga bisa beralih ke mode “Desktop” layaknya interface PC atau komputer.

Nah, untuk bertransformasi dan menikmati modus “Desktop” dengan lebih nyaman Samsung ATIV Smart PC menyediakan docking keyboard tambahan. Pengguna tinggal memasukan ATIV Smart PC ke dudukan docking sesuai dengan kombinasi port yang ada di tablet dan docking keyboard. Menariknya, konsep docking keyboar tambahan ini sifatnya full-sized layaknya laptop atau notebook. Tombol-tombolnya pun terasa empuk dan nyaman saat digunakan untuk mengetik. Inilah kenapa Samsung ATIV Smart PC disebut sebagai tablet Hybrid.

Tampilan antar muka yang interaktif dari Samsung ATIV Smart PC ini tak lepas dari layar HD LED 11,6 inci dengan resolusi 1366×768 piksel. Layar super bright 16 juta warna milik ATIV Smart PC ini sanggup memancarkan kejernihan dan ketajaman warna serta gambar yang cukup natural. Seperti kebanyakan tablet PC, ATIV Smart PC juga mendukung kemampuan 5 poin multi-touch. Artinya, pengguna bisa menelusuri jajaran menu dan sub-menu di dalamnya menggunakan 5 jari tangan dengan lancar. Termasuk menerapkan modus pinch (cubit) untuk memperbesar tampilan gambar.

Hardware dan Konektivitas
Tak seperti tablet PC kebanyakan,  Samsung ATIV Smart PC didukung prosesor Intel Atom Z2760 1.5GHz (L2 512KB) plus Intel Graphics Media Accelerator untuk menghasilkan tampilan gambar yang maksimal. Sedangkan untuk memorinya, ATIV Smart PC menanamkan 2GB RAM LPDDR2 plus harddrive 64GB e.MMC iNAND yang ditopang slot SD card. Untuk ukuran tablet PC, jeroan ATIV Smart PC memang sudah cukup tangguh. Namun, untuk sebuah notebook atau laptop bisa dibilang ‘biasa-biasa’ saja.

Di sektor koneksi, Samsung ATIV Smart PC didukung beragam pilihan sarana penghubung yang cukup komplit. Mulai dari HSPA+, EDGE, GPRS, WiFi, Bluetooth, audio jack, port USB hingga micro HDMI. Kemampuan seluler di tablet Windows 8 Samsung ini berkat hadirnya slot SIM card. Hanya saja, kebutuhannya cuma untuk data saja, tidak mendukung fungsi telepon dan SMS.

Fitur Unggulan
Samsung ATIV Smart PC dibekali kamera dengan resolusi lensa yang cukup tinggi untuk ukuran tablet PC, yakni 8 megapiksel dengan ukuran gambar maksimal 3264×2448 piksel. Selain untuk foto, kamera utama ini juga dapat digunakan untuk merekam video (camcorder) dengan resolusi Full HD 1080p. Sedangkan untuk kamera depan, resolusi lensa yang ditanamkan berkekuatan 2 megapiksel plus kemampuan untuk dijadikan sebagai webcam.

Selain kamera, tablet ini juga mendukung fitur pemutar musik dan video. Pengguna bisa memutar file-file lagu maupun video dari memori internal, dan juga bisa streaming atau download konten lagu dan video dari Xbox Music dan Xbox Video. Tak kalah menariknya lagi, pengguna juga bisa mendengarkan berita atau lagu-lagu dari radio streaming. Untuk aplikasi tambahan, bisa langsung didownload dari Microsoft Windows Store.

Di Samsung ATIV Smart PC ini juga ditanamkan fitur unggulan yang ada di Samsung Galaxy Note, yaitu S Pen. Bentuknya seperti pena dengan ujung yang agak meruncing, dan memiliki sensitivitas cukup tinggi saat digunakan untuk menulis atau sekadar untuk menjelajah menu. Dengan tekanan S Pen yang mencapai 1024 tingkatam, pengguna bisa menggores atau menulis tebal tipis di buku catatan digital hanya dengan mengukur seberapa kuat menekan ujung S Pen ke layar. Posisi S Pen sendiri ada di slot khusus yang terletak di sisi kiri bawah bodi belakang.

Nah, pasangannya S Pen yang juga dijejalkan ke ATIV Smart PC adalah S Note. Aplikasi ini berfungsi layaknya kertas catatan, tapi dalam bentuk digital. Menariknya, di S Note ini sudah tersedia beragam pilihan template yang dapat dimanfaatkan untuk membuat beragam dokumen atau gambar catatan. Sayang, fitur S Note di ATIV Smart PC masih tak terlalu komplit ketimbang di Galaxy Note.

Fitur menarik lain yang ada di Samsung ATIV Smart PC adalh “People Hub”. Sejatinya, fitur ini sama persis seperti yang ada di smartphone Windows Phone. Gunanya sebagai katalog daftar kontak, namun dengan fungsi yang lebih luas karena terintegrasi dengan beragam berbasis internet seperti Windows Live, Outlook, Google, Facebook, Twitter, LinkedIn dan sebagainya.

Secara keseluruhan, Samsung ATIV Smart PC memiliki kinerja yang cukup baik untuk sebuah tablet PC berbasis Windows 8. Terlebih, tablet ini didukung baterai 2 Cell (30Wh) 40W AC Adapter yang bisa memberikan waktu operasi hingga 10 jam nonstop.

Sponsored Links

Share
Tags: , , ,

Related Posts to "Samsung ATIV Smart PC, Tablet Windows 8 , Layar 11.6 inci"