SteamOS, Sistem Operasi Gaming Terbaru 2013 Berbasis Linux

Share

Sistem Operasi Gaming Terbaru 2013 Berbasis Linux SteamOS

Valve memperkenalkan sistem operasi SteamOS yang merupakan sistem operasi khusus gaming yang dikembangkan menggunakan basis Linux. Seperti yang kita ketahui, Valve Software adalah pengembang game dan pemilik layanan distribusi game Steam.Sistem operasi SteamOS besutan Valve Software ini menjanjikan kemampuan yang tak dimiliki oleh sistem operasi lainnya, sebut saja peningkatan kemampuan pengolahan grafis, teknologi in-home streaming, dan banyak lagi. Valve Software mengatakan bahwa SteamOS ini akan cocok untuk digunakan di ruang tamu.

“Seperti yang kita telah kembangkan untuk membawa Steam ke ruang tamu, kita telah sampai pada kesimpulan bahwa lingkungan yang paling cocok untuk memberikan nilai kepada pelanggan merupakan sistem operasi yang dibangun di sekitar Steam itu sendiri. SteamOS menggabungkan arsitektur rock-solid Linux dengan pengalaman game yang dibangun untuk layar lebar,” pernyataan Valve Software.

SteamOS yang berbasis PC desktop akan memiliki fitur yang memungkinkan untuk melakukan streaming video game melalui jaringan rumah yang dapat dihubungkan langsung ke TV. Ini juga memungkinkan anggota keluarga dapat bermain game secara bergiliran.

Baca Juga :   Phablet Asus Pegasus 2 Plus X550 Harga dan Spesifikasi

Valve juga menambahkan bahwa pihaknya telah meningkatkan kemampuan pengolahan grafis pada SteamOS untuk menghadirkan peningkatan kinerja secara signifikan. Perusahaan tersebut juga tengah meningkatkan kinerja audio serta mengurangi tingkat latency pada sistem operasi tersebut.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (24/09/2013), kehadiran SteamOS ini akan memudahkan pengembang game untuk terhubung langsung dengan pengguna dan memungkinkan gamer untuk memberi masukan terhadap pengembangan game favorit mereka.  Valve berkomitmen akan terus mengembangkan SteamOS

Berikut fakta menarik tentang SteamOS :

Konsep awal Steam

Jauh sebelum peluncuran SteamOS, pengguna sudah dapat mengunduh Steam sebagai aplikasi di Windows, OS X, atau Linux.

Para gamer PC rata-rata sudah mengenal Steam, yang menjadi perantara untuk membeli dan memainkan game favoritnya di PC.

Fungsi Steam di PC

Aplikasi Steam di PC memiliki apa yang disebut versi ‘Big Picture Mode’, dengan fokus menggerakkan pengguna melalui daftar dan fitur yang ada secepat mungkin, memimpin mereka ke arah bermain game, berinteraksi dengan sejumlah teman di jaringan dan membeli game baru.

Aplikasi dasarnya bekerja sebagai software pusat hiburan di rumah yang berfungsi penuh untuk mereka yang bersedia meluangkan waktu dengan komputer untuk menjalankannya.

Baca Juga :   Gionee Elife S7 Maldives Blue Edition,Smartphone Cina Frame Bermaterial Magnesium Alloy

Seperti apakah SteamOS?

SteamOS secara khusus ditujukan sebagai sistem operasi yang bebas untuk diunduh dan dilisensi.

Sistem operasi ini didasarkan pada arsitektur Linux, mirip dengan konsep Android, dan dimaksudkan untuk melampaui konsep game di aplikasi Steam yang sudah ada dengan TV, film, dan musik.

Konsep dari SteamOS

SteamOS akan hadir seperti konsep Android, atau Google dengan perangkat Nexus.

SteamOS sudah sangat jelas dalam niat mereka dengan ‘keterbukaan’, dan memungkinkan pengguna untuk mengubah atau melakukan kustomisasi dari perangkat lunak atau perangkat kerasnya.

Seberapa potensialkah SteamOS?

Dapatkah SteamOS mencuri perhatian pengguna? Jawabannya bisa dilihat pada jumlah pengguna aktif aplikasi Steam di PC saat ini yang telah mencapai 50 juta pengguna.

Bagaimana cara mereka meyakinkan para pengembang untuk beralih dari Windows yang telah menjadi pemimpin sejak dulu di industri PC? Jawabannya bisa dilihat dari bagaimana Android kini merajai industri ponsel dan mempecundangi para mantan pemimpin pasar seperti Nokia, BlackBerry dan Apple.

Share