Telkomsel Hadirkan Layanan Transakasi Keuangan Elektronik

Share

Layanan Transakasi Keuangan Elektronik Telkomsel

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) membidik pendapatan sekitar 300 miliar rupiah dari aksi mengonsolidasikan produk microfinance.”Aksi konsolidasi ini nama programnya Indonesia Digital Finance. Kita investasikan sekitar 30 miliar rupiah untuk program ini,” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin, di Jakarta.

Dia menjelaskan tujuan dari IndiFinance adalah mengintegrasikan 100 ribu gerai dari para pelaku bisnis ke dalam platform yang telah dibangun untuk transaksi keuangan secara elektronik. Pelaku bisnis di sini dapat dikelompokkan menjadi tiga pilar besar, yakni Biller, Merchant, dan Channel (BMC).

Inovasi solusi layanan transaksi keuangan elektronik yang telah dikembangkan Telkom di antaranya layanan remitansi Delima, Payment Point Online Banking (PPOB) untuk pembayaran tagihan maupun pembelian jasa/barang, dan e-money melalui produk Tep-Aja, T-Cash, Flexi Cash, dan M-cash.

“Salah satu yang tengah kita dorong adalah Delima atau Delivery Money Access dengan menghadirkan Kios Uang. Target pendapatan dari Delima sendiri hingga akhir tahun ini sekitar 26 miliar rupiah,” jelas dia.

Baca Juga :   Google Berencana Menghilangkan Pemakaian password Pada Seluruh Layananya

Delima memiliki layanan kirim-terima uang buat masyarakat yang belum memiliki rekening bank (unbankable). Selain itu, ada fitur pembayaran atau yang dikenal dengan istilah PPOB.
Dia menambahkan salah satu cara memacu pertumbuhan pendapatan Delima adalah menggandeng Jaringan Nusantara Pemuda Penggerak Wirausaha Desa (PPWD) untuk membuka Kios Uang.

“Kita ajak PPWD bekerja sama karena sadar ini bisa menggerakkan ekonomi. Hingga Desember 2013 ini, kita harapkan ada seribu agen Delima yang berasal dari kerja sama dengan PPWD ini. Kami menargetkan 40.000 Electronic Delivery Financial Agent (EDFA) atau Agen Delima. Hingga saat ini, telah terbentuk 38.114 EDFA,” ungkap dia.

Hong Kong

Sebelumnya, Telkom berhasil melakukan ekspansi ke Hong Kong dengan merek Delima. Di sana, Telkom menggandeng Chandra Remittance untuk Delima.

Kerja sama itu menjadikan anak usaha Telkom, Finnet Indonesia, bisa memberikan layanan Delima berbasiskan Information Communication Technology (ICT) sehingga layanan transaksi pengiriman uang oleh Chandra Remittance dapat dilakukan secara online antara Hong Kong dan Indonesia.

Baca Juga :   Epson Moverio BT-200 ,Kacamata Pintar Buatan Epson Menggunakan Os Android

Dengan kerja sama ini, Chandra Remittance yang memunyai 17 kantor cabang dan 58 agen saat ini sudah dapat bertransaksi dengan seluruh agen Delima di seluruh Indonesia dan bank-bank yang ada di Indonesia

Via detik.com

Share