UIN Sunan Ampel Surabaya Di Jadikan Kampus Cyber Bersama Google

Share

UIN Sunan Ampel Surabaya  Bersama Google

Pasca mendirikan sebuah kantor cabang di Indonesia yang berada di Gedung Senayan City, Jakarta. Google mulai melakukan gebrakan baru, sebuah kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel, Surabaya menjadi destinasi bisnis selanjutnya. Kampus yang berada di Jalan Ahmad Yani No. 117, Surabaya ini akan digandeng Google guna mewujudkan program baru Google bernama Cyber Islamic Campus.

Sebuah upaya gebrakan yang sangat baik guna membangun anak bangsa khususnya para mahasiswa agar bukan hanya aktif namun produktif sehingga mahasiswa Indonesia lebih mapan dan bisa bersaing di kancah internasional.

“Semangat baru itu antara lain menjadikan kampus Islam berbasis teknologi, teknologi itu bukan hanya sekedar untuk pembelajaran, namun juga pembangunan minan mahasiswa dan transparansi kampus”, kata Prof. Dr H. Abdul A’la M.Ag, Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya (3/12/2013).

Prinsip program untuk kampus Islam ini adalah Google Apps for Education yang memberikan kemudahan berupa akses email gratis yang dikonsepkan berupa komunikasi dan kolaborasi sehingga para mahasiswa dapat melakukan konsultasi skripsi dengan jarak jauh. Program Google Apps for Education ini Google menyediakan layanan storage untuk akun Gmail dengan kapasitas 30 GB antispam,  Google Docs, Google Site (layanan yang memberikan kemudahan membuat situs pribadi atau kelompok), Chat, dan Kalender untuk agenda kolaboratif.

Baca Juga :   Ponsel Android Harga 300 Ribuan Sudah Tersedia di India

Program kerja Google Apps for Education ini digagas oleh Google yang bekerjasama dengan rekanan bisnisnya, SADA System Asia . Dengan menggandeng beberapa kampus besar di Indonesia seperti ITS, UK Petra, Unair, Umsia, Ubaya dan Unibraw untuk menggerakkan program ini.

Konsep program ini dirancang dan dilaksanakan dengan alasan yang sangat baik, yaitu bahwa Google sendiri berkembang dari proses perkuliahan. Akses program akan diberikan privasi login untuk melakukan akses program tersebut.

“Kepentingan kami adalah terciptanya kebiasaan menggunakan Google dan mewujudkan kepedulian kepada dunia pendidikan, karena Google sendiri tercipta dari proses perkuliahan”, kata Johannes Chandra, Lead SADA System Asia.

Keamanan data pada program ini pun sangat diperhatikan oleh Google yang memang terkenal dengan kemanan privasi data para penggunanya.

“Tapi, semua informasi itu internal, sehingga mereka yang bukan civitas akademika UIN Sunan Ampel, Surabaya akan sulit mengakses data, termasuk untuk kepentingan plagiarusme, akeran akan ada login khusus”, Imbuh Johannes.

Program Google Apps for Education ini akan bisa berjalan menggunakan platform iOS dan Android. Software yang akan berjalan ini akan memberikan kemudahan kepada seluruh civitas akademika baik dari Mahasiswa, karyawan maupun dosen untuk bisa melakukan aktifasi aktivitas akun sehingga semua bisa ditampung dalam sebuah wadah yang lebih baik. Semua warga kampus bisa mendapatkan akses akun gratis sehingga bisa melakukan kegiatan yang lebih efisien dan efektif dalam melakukan kolaborasi kerja serta sharing file secara cepat.

Baca Juga :   Daftar Smartphone Tercanggih Terbaru Desember 2013

Via detik.com

Share