Update Aplikasi Android Saat Ini Wajib Di Google Play Store

Share

Update Aplikasi Android

Google telah mengubah kebijakan dalam metode pembaruan (update) aplikasi Android. Kini, semua aplikasi Android yang terpasang di perangkat pengguna, harus diperbarui lewat toko aplikasi online Google Play Store.Dalam kebijakan baru Google mengatakan, “Aplikasi yang diunduh dari Google Play tidak dapat dimodifikasi, diganti, atau diperbarui kode biner .APK-nya dengan metode apapun selain update dari Google Play itu sendiri.”

Besar kemungkinan, kebijakan ini dikeluarkan Google setelah Facebook menerapkan proses pembaruan aplikasi Android secara diam-diam. Seperti dikutip dari Ubergizmo, Minggu (28/4/2013), pembaruan aplikasi Facebook diunduh secara diam-diam di latar belakang saat perangkat terhubung dengan jaringan WiFi.

Ini berarti, pembaruan aplikasi Facebook dilakukan secara otomatis dan tidak melalui Google Play. Pengguna juga tidak diberi tahu bahwa ada pembaruan aplikasi yang tersedia.

Google nampaknya tak ingin pengembang aplikasi lain mengikuti jejak Facebook. Walau bagaimanapun, perusahaan berharap Google Play bisa menjadi pusat unduh dan pembaruan aplikasi. Langkah ini juga diambil untuk menjaga keamanan ekosistem Android.kompas.com

Share