Waspadalah…! Dengan 17 Situs Berbahaya ini

Share

Daftar Situs Berbahaya  Desember 2013

Tidak peduli siapa pemilik situsnya, dari situs milik departemen pemerintah dengan dukungan dana besar, situs sekolah untuk kepentingan pendidikan, situs perusahaan swasta kecil dengan dana pas-pasan sampai perusahaan pertambangan batubara dengan dana besar sekelas Adaropun pernah menjadi korban malware Ramnit yang menghinggapi situsnya siap menginfeksi komputer siapapun yang mengakses situs yang terinfeksi tersebut. Celakanya, walaupun dapat dikatakan sebagai barang lama, virus ganas seperti Ramnit masih tetap ditemukan sampai dengan akhir tahun 2013. Dalam artikel ini, dikutip  dari Vaksincom akan memberikan informasi deretan situs yang paling banyak mengandung malwere

foto nasional.kompas.com

PT. Vaksincom indonesia di ahir 2013 ini kembali merilis daftar situs-situs berbahaya di Indonesia sepanjang tahun 2013. Setidaknya ada 17 situs yang terdafftar yang perlu diwaspadai pada bulan Desember 2013 ini, apalagi jika Anda mengaksesnya tanpa perlindungan software antivirus.

17 situ ini patut dicurigai karena dapat menyebarkan virus atau (program berbahaya) yang didominasi oleh Trojan kepada para pengaksesnya. Malware tersebut khusus menyebarkan diri melalui website seperti Ramnit, Iframe, Java Script, Dropper.

Baca Juga :   Norton Mobile Security Siap Menjaga Perangkat Android

Menurut pantauan tim Vaksincom, dari 17 situs, 7 situs merupakan situs pemerintah yaitu kementerian pendidikan, perusahaan BUMN listrik dan situs pemerintah daerah. Lalu 5 situs lainnya merupakan perusahaan swasta yang terdiri dari perusahaan properti, cargo sampai e-commerce, 3 situs berasal dari situs pendidikan dan 2 dari organisasi non profit.

Yang memprihatinkan, situs pemerintah yang menjadi korban malware di tahun 2013 kebanyakan agak lambat dalam membenahi masalah sekuriti di situsnya. Salah satunya adalah situs departemen yang membidangi pendidikan. Situs tersebut aktif menyebarkan virus Ramnit kepada pengaksesnya yang mayoritas didominasi pelajar-pelajar di Indonesia.

Sampai dengan bulan Desember 2013, masih ada beberapa situs kementerian terkait yang terdeteksi mengandung kode VBScript di bagian footer websitenya dan dikategorikan sebagai situs berbahaya oleh Google Safe Browsing.

Situs kementerian pendidikan terdeteksi ada yang terinjeksi dengan Trojan VBScript, ada pula situs properti swasta yang terinfeksi Trojan JavaScript. Adapun data lengkap 17 situs berbahaya yang dapat mengancam pengaksesnya adalah sebagai berikut.

Via Vaksincom

Share