UU ITE : Bertengkar di Jejaring Sosial di Ancam 6 Tahun Penjara

Share

Hukum  Bertengkar di Media Sosial

Jejaring sosial saat ini jadi media komunikasi yang paling ramai di konsumsi . Remaja marak gunakan itu baik untuk sharing, bergaul, berinteraksi, diskusi, dan tentu saja bergaul. Namun, jangan sampai mengunggah konten yang tidak menyenangkan atau menyinggung orang lain. Sebab itu berbahaya.

Khusunya kalangan remaja dan ABG, kalangan usia ini sangat mudah tersulut emosinya. Kala bergejolak hubungan asmara, mereka kerap bertengkar dan saling ancam serta hujat. Jika satu merasa dirugikan, maka pelaku bisa terancam.

“Hal itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), sebaiknya semua pihak wajib mewaspadai hal ini,” jelas Syarul Akmal Latif, Kriminolog dari Universitas Islam Riau sebagaimana dikutip dari Merdeka.

Pesan elektornik, kata dia, sebagai informasi atau dokumen elektronik pada umumnya tetap tersimpan dalam memori log perangkat meski dihapus. Dengan demikian bila penegak hukum ingin lakukan pendekatan teknis jika menindaklanjuti sebuah kasus, masih dimungkinkan untuk dilakukan.

Jika menilik ancaman pidana pasal 27 ayat (4) UU ITE tersebut sesuai pasal 45 ayat (1) UU ITE, pelaku bisa diganjar sanksi kurungan enam tahun maksimal dan denda paling banyak Rp 1 miliar. Jadi, sangat dianjurkan untuk beretika santun tatkala beraktivitas di media sosial.

Baca Juga :   Philips W6618,Smartphone Batrei Berkapasitas Besar Terbaru 2014

Share