5 Tips Sebelum Membeli Smartphone Agar Tidak Menyesal

Share

Cara beli Smartphone Yang Benar

Tak dapat dimungkiri kehadiran ponsel pintar/smartphone sangat membantu kehidupan manusia saat ini. Namun untuk menemukan smartphone yang tepat tidaklah semudah membalikan tangan. Pasalnya, pembeli sering dipusingkan dengan beragam jenis ,desain dan harga yang begitu menggoda.

smartphone os

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mendapat smartphone yang tepat bagi penggunanya? Berikut ini Tips untuk membeli ponsel pintar yang pas, sebagaimana dilansir Expertreviews

  • Layar Smartphone

Kebanyakan smartphone saat ini didominasi penggunaan layar sentuh. Karena itu, ukuran dan kualitas layar menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Layar dengan ukuran lebih besar akan memudahkan pengguna saat membaca dan melakukan web browsing. Namun, layar besar akan membuat ponsel terlihat jumbo dan sulit dibawa ke mana-mana.

Sementara itu, resolusi layar juga menjadi hal penting. Ponsel Android terbaru memiliki layar beresolusi minimal full-HD. Kendati demikian, sebenarnya resolusi ini tidak benar-benar diperlukan. Sebab, resolusi HD juga sudah menawarkan banyak detail. Lalu untuk menentukan ketajaman serta kejelasan gambar pada layar, sebenarnya lebih ditentukan kerapatan layar atau piksel per inci (ppi).

  • Sistem Operasi
Baca Juga :   ASUS ZenWatch (WI500Q),Arloji Android ASUS Terbaru 2014 Berlayar AMOLED

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk membeli ponsel ialah menentukan sistem operasi yang akan digunakan. Berbagai pilihan sistem operasi sudah banyak di pasaran sehingga pengguna dapat memilihnya. Adapun pilihannya yakni iOS, Android, dan Windows Phone.

Semua pilihan sistem operasi tersebut merupakan terkini. Tetapi, masing-masing sistem operasi itu menawarkan pengalaman yang berbeda.

  • Kapasias Baterai dan Dapur Pacu Smartphone

Beberapa ponsel saat ini tidak hanya didukung prosesor dual-core dan quad-core, namun beberapa produsen juga telah membekali ponsel mereka dengan octa-core, sehingga kinerja ponsel dapat lebih cepat. Selain kinerja ponsel, baterai juga menjadi penentu, sebab dapat menentukan masa hidup perangkat tersebut.

  • Jaringan/Konektivitas

Sebagian besar smartphone telah mendukung jaringan 3G, namun saat ini koneksi jaringan keempat (4G) sedang digalakkan. Jaringan tersebut dinilai lebih cepat dibanding generasi ketiga.

Alternatif lain yang dapat digunakan selain menggunakan koneksi data ialah WiFi. Melalui penggunaan ini dapat mengurangi penggunaan data mobile.

  • Media Penyimpanan/Storage

Memiliki ruang penyimpanan yang cukup sangatlah penting. Pasalnya banyak aplikasi, terutama game, membutuhkan banyak ruang, sehingga hal ini menjadi penting untuk diperhatikan. Secara umum, storage dengan kapasitas 8 GB masih terasa cukup apabila dipasangkan dengan tambahan memori internal yang dapat diekspansi melalui micro-SD.

Baca Juga :   Panasonic T44 Lite,Hp Android 600 Ribuan 4 inch Os Marshmallow

Via Expertreviews

Share