Apa Fungsi RAM ,Memori Storage ,CPU Prosesor dan GPU pada Ponsel Android ??

Share

Fungsi RAM ,Memori Storage ,CPU Prosesor dan GPU

Kalau anda membeli smartphone, khususnya dengan sistem operasi Android, pasti anda akan dihadapkan dengan begitu banyak pilihan. Setiap smartphone Android memiliki hardware utama yang berbeda-beda. Hardware utama tersebut terdiri dari prosesor, memori RAM,  memori storage.cpu.

CPU Z

Ponsel pintar(Smartphone)yang kini semakin berkembang pada dasarnya seperti sebuah komputer, memiliki beberapa komponen penting untuk mengoperasikannya, diantaranya; Prosesor / CPU (Central Processing Unit), Memory RAM (Random Access Memory), Internal dan External Storage (memori penyimpanan) dan GPU (Graphics Processing Unit). Komponen komponen diatas sangat menentukan harga jual sebuah smartphone, sebuah smartphone kelas bawah yang memiliki spesifikasi sama dengan yang branding kelas atas, belum tentu memiliki kinerja dan performa sama, terutama dari segi ‘durable’ alias keawetan pemakaian.

Berikut di bawah ini uraian singkat tentang seputar Prosesor, RAM, Storage dan GPU.

Prosecesor CPU: adalah engine utama yang menjalankan seluruh sistem operasi dan aplikasi yang ada didalam ponsel android. Contoh Qualcom Snapdragon, Nvidia Tegra, OMAP 3, Cortex-A9 dan intel.
RAM Memory: adalah tempat penyimpanan sementara dari sistem atau aplikasi yang di jalankan, bisa berupa cache, dsb.Kapasitas RAM juga jauh lebih kecil dari memori storage. RAM pada smartphone biasanya hanya berkapasitas maksimal 4 GB. Sementara storage bisa mencapai 128 GB, seperti Samsung Galaxy S6 atau Apple iPhone 6 misalnya. Lalu
Data Storage: adalah penyimpanan data sistem dan aplikasi, internal yang sudah tertancap di bawaan ponsel dan eksternal yang kita pasang sendiri berupa memori micro sd, dsb.Untuk mengetahui dan memastikan berapa kapasitas memori RAM dan memori storage pada smartphone yang anda  gunakan, anda bisa melihatnya melalui aplikasi CPU-Z.
GPU: adalah engine yang khusus bertugas untuk mengolah tampilan grafis seperti image, video, aplikasi dan game yang memiliki resolusi baik rendah atau tinggi. Contoh ATI Adreno, Mali, GeForce, PowerVR, dll.

Baca Juga :   Oppo R7 dan Oppo R7 Plus di Indonesia, Ini Harga dan Spesifikasinya

Kualitas komponen juga sangat menentukan kinerja ponsel android anda, misalnya prosesor ponsel merek “A” dengan prosesor ponsel merek “B” sama-sama memiliki kecepatan 1,3 GHz, belum tentu memiliki kinerja yang sama, hal ini juga berlaku untuk RAM, Storage dan GPU. Bisa tarik garis besar bahwa harga menentukan kualitas, namun ini juga bukan jaminan bahwa ponsel mahal pasti memiliki kualitas bagus, semua kembali tergantung bagaimana anda mimilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Share