Rahasia Fungsi Lain Dari Bluetooth

Share

 Bluetooth Dan Fungsinya

Teknologi Bluetooth ini pertama kali diciptakan oleh Ericsson pada tahun 1994. Bluetooth ini mampu menciptakan Personal Area Network (PAN) yang mencakup area sekitar dengan jarak yang pendek. Fitur Bluetooth adalah perangkat keras (hardware) yang tertanam pada beberapa perangkat elektronik seperti laptop, smartphone, printer, kamera digital dan bahkan proyektor. Kamu pasti sudah tidak asing lagi kan dengan perangkat Bluetooth ini kan, namun apa kamu tau apa saja rahasia fungsi dari Bluetooth tersebut?

Teknologi Bluetooth

  • Untuk Media Tranfer Print File

Mencetak atau print adalah rutinitas yang hampir setiap orang lakukan untuk menyelesaikan tugasnya. Mencetak dengan menyambungkan kabel ke laptop kamu akan sangat repot terlebih jika kabel printer tersebut pendek. Bagi kamu yang tidak ingin lagi repot-repot mencetak dengan mencolokan kabel, kamu bisa beralih menggunakan printer yang sudah support dengan Bluetooth. Kamu bisa googling sendiri mengenai printer apa saja yang sudah support dengan Bluetooth.

  • Bertukar File dengan Kamera Digital dan Handycam

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamera digital ataupun handycam kamu kepenuhan memori karena sekarang sudah tersedia banyak kamera digital ataupun handycam yang sudah support dengan Bluetooth.

  • Untuk Mendengarkan Musik Tanpa Kabel

Dengan bantuan teknologi Bluetooth, sekarang kamu sudah bisa mendengarkan musik kesayanganmu tanpa perlu repot-repot lagi colok mencolok kabel. Untuk kategori ini, ada dua perangkat audio yang sudah mendukung teknologi Bluetooth saat ini yaitu Headset dan Speaker. Jika kamu ingin menyetel musik dengan suara keras dan kencang tanpa perlu repot lagi masalah kabel, kamu bisa beralih menggunakan speaker yang support dengan teknologi Bluetooth karna sudah banyak produk speaker Bluetooth yang beredar di pasaran. Sebaliknya jika kamu ingin menyetel musik dengan suara yang tenang tanpa menggangu orang lain, kamu bisa beralih menggunakan headset Bluetooth.

  • Untuk Mengoneksikan dengan Mouse dan Keyboard
Baca Juga :   Sejarah Teknologi Bluetooth Fungsi dan Faktanya

Apa mouse kamu memiliki kabel yang sangat panjang dan sangat menggangu? Sekarang kamu bisa menggunakan mouse tanpa repot mencolokan kabel lagi. Sudah banyak produk mouse dan keyboard yang beredar di pasaran dengan harga yang bervariasi, sekarang kamu bisa beralih menggunakan mouse ataupun keyboard tanpa perlu repot mencolokkan kabel lagi. Untuk keyboard, selain kamu bisa mengkoneksikannya dengan laptop kamu juga bisa mengkoneksikannya dengan gadget kamu.

  • Untuk Bermain Game dengan Gamepad

Gamepad merupakan peralatan yang digunakan sebagai interface antara pengguna permainan komputer agar lebih mempermudah dalam permainan game. Gamepad yang ideal harusnya tidak menggunakan kabel karena mengurangi gerak dan fleksibilitas pemakainnya. Salah satu solusi untuk meningkatkan fleksibilitas pengguna gamepad adalah dengan menggunakan Bluetooth sebagai media penyambung ke komputer tanpa menggunakan kabel. Sekarang kamu sudah bisa bermain game tanpa harus berdekatan lagi dengan monitor.

  • Untuk Mengoneksikan dengan Proyektor

Bagi kamu yang hobinya presentasi, kamu bisa menggunakan proyektor dengan jarak yang lebih jauh dengan proyektor yang sudah mendukung teknologi Bluetooth dibanding dengan proyektor dengan koneksi kabel. Bukan menjadi masalah lagi jika kamu ingin berpresentasi dengan membawa perangkat yang terkoneksi dengan proyektor.

  • Berbagi Koneksi Internet atau Tethering dengan Bluetooth
Baca Juga :   tips N Triks Cara untuk Mengoptimalkan Handphone Android

Tethering adalah membagi koneksi internet kepada perangkat lain, di mana perangkat yang melakukan Tethering harus memiliki akses dan terkoneksi ke internet. Secara sigkat fungsi ini dapat membagi koneksi internet kepada pengguna smartphone lain dengan syarat pengguna lain harus terhubung dengan smatphone yang berperan sebagai pusatnya.

Untuk menggunakannya dan mencobanya kamu harus siapkan satu smartphone yang sudah ada koneksi internetnya dan membuka pengaturan “Tethering and Portable Hotspot” serta mencentang Bluetooth Tethering seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya kamu siapkan smartphone satu lagi yang belum memiliki koneksi internet dan kamu lakukan cara yang sama dengan smartphone pertama tadi.

Share