Ketangguhan Kamera Google Pixel 2 Yang Mampu Kalahkan iPhone X

Share

google pixel XLGadgetekno.com | Seperti yang kita lihat sekarang ini perusahaan Google bertekat terjun ke dunia industri smartphone, perusahaan ini membawa senjata Google Pixel series untuk menggaet konsumennya. Yang terbaru smartphone garapannya adalah Google Pixel 2 dimana sukses menyandang predikat smartphone berkamera terbaik mengalahkan perangkat premium Apple, Iphone X. Ternyata ada rahasia dibalik tangguhnya kamera yang dimiliki Pixel 2 yang kami lansir dari Droidlime, apa ya ? Simak selengkapnya berikut ini.

Seperti yang kita ketahui bersama perangkat iPhone X bahkan telah didukung dual kamera di bodi belakang untuk menghasilkan efek fotografi terbaik. Namun nyatanya performa kameranya berhasil dikalahkan Google Pixel 2 yang hanya mengusung kamera tunggal di panel belakang. Lantas apa yang membuat Pixel 2 jauh mengungguli iPhone yang kini dielu-elukan banyak orang tersebut ?

Nyatanya Google telah menjalankan optimasi besar untuk sektor software pada perangkat smartphone garapannya tersebut. Seperti yang dikutip dari salah ungkapan satu petinggi Apple yakni Jonathan Ive yang berujar, “Baik atau buruknya sebuah smartphone itu ditentukan oleh software yang sanggup mengoptimalkan hardware”. Dan berikut adalah software super yang dibuat Google khusus untuk smartphone Google Pixel 2 series besutannya.

HDR+

Jika membidik obyek ditempat kurang pencahayaan atau gelap memang dapat menghasilkan noise sementara membidik ditempat yang terlalu terang justru membuat hasil bidikan memiliki backlight karena cahaya berlebih. Hal itu membuat Google membesut fitur HDR+ yang membantu lensa kamera dalam mengenali kondisi dan juga keadaan saat memotret suatu obyek. Fitur ini juga akan menambahkan pencahayaan jika pengguna memotret ditempat kurang cahaya. Sebaliknya HDR+ juga akan meminimalisir tingkat kecerahaan saat memotret ditempat terlalu terang.

Baca Juga :   Cara Mencari Perbandingan Harga Gadget di Pricepanda.co.id

Sayangnya untuk saat ini fitur HDR+ sendiri hanya dapat dijumpai di smartphone besutan Google diantaranya Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Belum ada vendor yang mengadopsi fitur ini untuk smartphone android garapannya. Namun jika sobat ingin mencoba fiur ini dapat mengunduh aplikasi Google Camera.

Hanya saja meskipun sobat menginstall aplikasi Google Camera pada smartphone selain merek Google, tidak semua merk ponsel dapat mendukung aplikasi tersebut. Namun fitur HDR+ ini dapat berjalan dengan baik untuk smartphone Xiaomi Mi 6.

Potrait Mode

Alasan DxOMark mendaulat Google Pixel 2 memiliki kamera terbaik adalah kemampuannya dalam menciptakan mode Bokeh atau memproduksi foto Depth of Field (DOF). Fitur tersebut normalnya hanya dapat tercipa dari smartphone dengan dual kamera namun tidak bagi ponsel android besutan Google. Pasalnya Pixel 2 series hanya memiliki satu kamera saja dan dapat menciptakan Potrait Mode serta menghasilkan gambar bokeh rapi dan dramatis yang begitu keren.

Cara kerja fitur potrait mode pada kamera tunggal Google Pixel 2 adalah saat fitur aktif maka otomatis fitur HDR+ akan aktif dimana diujukan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi dan setelah itu gambar akan masuk proses filter untuk membedakan mana object dan mana background. Proses tersebut tidak sederhana pasalnya tak ada green screen untuk pemisah obyek utamanya dengan layar belakang.

Baca Juga :   Telkomsel Berminat Mendominasi Pasar BlackBerry

Untuk itu Google membuat aplikasi Tensor Flow dimana dukungan PDAF mampu mengetahui tiap titik obyek bidikan. Dengan kombinasi sejumlah fitur tersebut, maka fitur Potrait Mode dapat dihaslkan dengan baik. Bahkan fitur ini juga berfungsi pada kamera depannya yang menjadi nilai plus ponsel Pixel 2.

Fused Video Stabilization

Nyatanya Google bukan hanya terfokus pada kualitas foto namun juga menjalankan optimasi pada software untuk memaksimalkan kemampuan kamera dalam hal perekaman video. Bukan hanya menyematkan fitur tersebut namun Google melakukan riset khusus sehingga kualitas video recorder Google Pixel 2 berkualitas apik.

Sejumlah smartphone kerap kurang stabil dengan fokus rendah dalam merekam video dimana masalah ini dapat dipecahkan Google dengan teknologi EIS dan OIS. Kedua teknologi tersebut ditanammkan dalam Google Pixel 2 dimana memiliki fungsi dan kelebihan berbeda-beda. Google juga membuat fitur anyar bernama Fused Video Starbilization yang merupakan kombinasi fitur EIS dan OIS pada kamera perangkat ini sehingga menghasilkan video dengan kualitas jernih, fokus dan minim noise.

Bagaimana tertarik untuk memiliki perangkat baru ini?

Share