Review Vivo V5s, Selfie dengan Kamera Depan 20MP Softlight

Share

Gadgetekno.com | Jika anda melihat di beberapa gerai smartphone saat ini, maka akan tampak poster yang sangat menggelitik untuk dibaca. Saat ini smartphone Vivo banyak menjadi sorotan hal ini dikarenakan produk baru Vivo yang membawa nama besar Agnes Mo mengeluarkan produk dengan seri Vivo V5s Perfect Selfie. Untuk anda yang penasaran dengan spesifikasi dari produk ini silahkan simak ulasan yang berikut ini:

Vivo v5s putih

Spesifikasi Vivo V5s:

  • Layar : IPS 5,5 inci, 1280×720 piksel, 2,5D Corning Gorilla Glass
  • Jaringan : EDGE, 3G, HSPA, 4G LTE
  • Konektivitas : Micro USB, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac,
  • Bluetooth v4.0
  • Chipset : Mediatek MT6750
  • CPU : Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU :Mali-T860MP2
  • Memori : 4GB RAM + 64GB memori internal, micro SD hingga 256GB
  • Kamera utama : 13MP pada bagian belakang, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera depan : 20 MP, f/2.0, 1/2.8″ sensor size, 1080p, Softlight
  • Baterai : 3000mAh non-removable SIM : Dual SIM card (nano-micro)
  • OS : FuntouchOS 3.0 (Android 6.0 Marshmallow)
  • Harga : Rp3.799.000

Baca: Spesifikasi Vivo V5s , RAM 4GB Octa-core Kamera Depan 20MP

Kamera

Karena smartphone ini memiliki fitur utama pada kamera, bagian utama yang kami ulas terlebih dahulu tentu saja soal kamera yang dimilikinya. Vivo V5s dibekali dengan kamera selfie 20MP Crystal-Clear Selfies Sony IMX376 20MP yang menghadirkan teknologi selfie ke tingkat berikutnya. Menikmati kejelasan yang indah dan lebih hidup serta warna alami dalam setiap pengambilan foto. Kamera depan beresolusi 20MP smartphone ini memiliki sudut pandang luas. Kamera depan memiliki aperture f/2.0, 1/2.8″ sensor size, dan dapat merekam video hingga resolusi 1080p. Dengan resolusi sebesar itu, tentu saja smartphone ini dapat menjanjikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan kamera standar.

selfie

Selain itu, update Selfie Softlight menawarkan solusi yang lebih baik untuk menangkap kulit cerah setiap selfie Anda. Tidak peduli pada saat malam hari maupun siang hari, dengan Selfie Softlight V5s terbaru, kecantikan Anda akan terlihat bersinar. Pada kamera depan terdapat beberapa mode pengambilan gambar, termasuk foto biasa, video, Face Beauty, dan Group Selfie. Pada mode kamera biasa kita hanya bisa mengaktifkan fitur HDR dan beberapa filter seperti Quiet, Baked, Sunrise, dan lain-lain. Sementara untuk mode Face Beauty, kita dapat mengatur Buffing, Skin Tone, dan Whitening untuk memaksimalkan paras saat selfie. Jika kamera depan dirasa kurang luas untuk selfie beramai-ramai, smartphone ini memiliki fitur Group Selfie. Vivo berdedikasi untuk teknologi fotografi ponsel pintar mutakhir. Dengan Group Selfie, efek panning lansekap panorama dapat digunakan dalam jarak dekat.

Baca : Vivo Mampu Ciptakan Fingerprint Bawah Layar Pertama di Dunia, Ciamik Broo!

Meski smartphone ini memiliki fitur canggih pada kamera depannya, namun bukan berarti kamera belakang smartphone ini tak kalah mumpuni. Vivo V5s mengusung sensor kamera belakang 13MP yang oke dengan teknologi PDAF yang memungkinkan Anda dapat menangkap setiap momen secara cepat dalam detail halus. Selain itu, Anda juga dapat mengambil multiple frame dalam waktu yang cepat untuk menghasilkan foto 52MP, dimana hasil foto tidak pecah saat di-zoom berkali-kali di mana fitur ini dapat digunakan pada mode Ultra HD.

Baca Juga :   Smartfren Andromax C3s dan C3si,Android Smartfren 700 Ribuan Terbaru 2015

foto vivo

Desain dan Body

Vivo V5s hadir dengan Sleek Unibody Design, dimana smartphone ini menawarkan sisi desain yang ramping, dengan panel samping dan tepi lengkungan yang mulus dan melengkung. Selain itu, garis antena atau penutup berbentuk U-shaped yang elegan, membuatnya nyaman untuk digenggam maupun dilihat. Bahan metal yang diusung smartphone ini juga terasa premium, kokoh dan tidak licin saat digenggam. Tentu hal tersebut juga menjadi nilai lebih, karena banyak smartphone metal yang terasa licin saat digenggam. Untuk pilihan warnanya tersedia dalam dua pilihan, yakni Crown Gold dan Rose Gold.

Penempatan port dan tombol terbilang masih sama seperti pendahulunya, yakni tombol power dan volume berada di sebelah kanan, SIM tray bedada di sebelah kiri, dan di bagian bawah terdapat port audio jack 3.5mm, port micro USB, dan lubang speaker. Tombol home di bagian depan sudah terintegrasi dengan sensor fingerprint, namun sedikit berbeda karena tombol tidak dapat ditekan, melainkan hanya bisa di-tap.

Sensor fingerprint pada smartphone ini dapat membuka kunci telepon dalam 0.2 detik dari layar cerah dengan satu sentuhan sensor sidik jari saja. Dan dengan adanya fitur Fingerprint Launch, Anda dapat membuka aplikasi langsung dari layar gelap dengan menggeser ke bawah ke arah pad fingerprint. Layar Vivo V5s mengusung layar yang cukup lebar, yakni seluas 5,5 inci dan memiliki resolusi 720×1280 piksel. Panel layar yang digunakan smartphone ini berjenis IPS dan sudah dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Kaca yang digunakan pada lapisan layar sendiri sudah 2.5D yang sedikit melengkung di ujungnya.

Secara keseluruhan, layar dari smartphone ini dapat memenuhi kebutuhan dengan baik berkat resolusi yang dimilikinya. Sebagai penunjang, layar smartphone ini telah dibekali dengan beberapa fitur penunjang seperti Eye Protection Mode. Fitur tersebut dapat menyaring bluelight atau cahaya biru yang dipancarkan oleh layar smartphone. Cahaya biru yang dihasilkan layar sendiri dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata, terutama ketika Anda menatap layar ponsel saat malam atau gelap.

Software, Tampilan Antarmuka, & Fitur

Untuk sistem operasi yang dijalankan smartphone ini adalah Android 6.0.1 Marshmallow dengan tampilan antarmuka Funtouch OS versi 3.0. UI baru tersebut membawa fitur-fitur baru yang belum ada pada versi sebelumnya. Anda bisa mengganti tampilan antarmuka sesuai dengan keinginan karena UI ini mendukung kustomisasi. Adanya i Theme memungkinkan Anda untuk mengunduh tema, wallpaper, screen lock, atau font.

Baca Juga :   Bocoran Spek Samsung Galaxy C5 Pro Beredar

Masih sama seperti sebelumnya, tampilan antarmuka Funtouch OS tidak memiliki app drawer. Namun ini membuat tampilan semakin sederhana dan mudah untuk dioperasikan. Tarik dari bawah ke atas untuk menampilkan bar control, sementara bar notifikasi berada di atas. Secara keseluruhan, tampilan antarmuka smartphone ini terasa smooth dan tidak ada lag saat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Hardware & Performa

Vivo V5s masih mengandalkan chipset Mediatek MT6750 octa-core 1.5GHz yang sama seperti Vivo V5. Namun untuk kapasitas memorinya lebih besar varian V5s ini, yakni 4GB RAM dan 64GB untuk penyimpanan internal. Selain itu, smartphone ini juga mengusung slot microSD yang mendukung hingga 256GB. Karena jenis hybrid, bagi Anda yang ingin menggunakan microSD tidak bisa menggunakan slot SIM 2 untuk SIM Card. Untuk pengolahan grafis, smartphone ini mendayagunakan GPU Mali-T860MP2.

Karena kapasitas memorinya sudah termasuk besar di kelasnya, Anda tidak perlu khawatir bakal kekurangan kapasitas penyimpanan. Dari total memori 64GB, Anda dapat menggunakan 49 GB untuk menyimpan berbagai macam file dan aplikasi. Adanya dukungan USB OTG juga membuat semakin mudah memindahkan file. Sementara untuk kapasitas RAM yang tersisa di kisaran 2GB, namun tergantung seberapa banyak aplikasi yang Anda instal. Karena masih menggunakan chipset kelas menengah, smartphone ini masih cukup enak digunakan untuk memainkan berbagai macam game HD, namun untuk game dengan grafis sangat tinggi akan terdapat sedikit frame skip atau lag, namun itu tidak menjadi sebuah masalah.

Baterai

Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang tertanam di dalam bodi. Kapasitas baterai tersebut saat ini memang menjadi standar di kelas menengah dan bisa dikatakan mencukupi bagi smartphone dengan layar 5,5 inci. Lalu apakah kapasitas baterai sebesar itu cukup untuk memenuhi kebutuhan daya smartphone ini? Mengingat chipset yang digunakan smartphone ini cukup ramah dalam konsumsi daya, baterai Vivo V5s mampu bertahan seharian dalam penggunaan wajar (bermain game, menonton YouTube, mengakses sosial media, dll) hanya dalam sekali pengisian saja. Namun yang perlu dicatat bahwa penggunaan setiap orang berbeda-beda dan seberapa banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang serta seberapa terang tingkat kecerahan layar sangat berpengaruh pada hasil pengujian. Hal menarik lainnya dari smartphone ini terletak pada kecepatan pengisian ulang baterainya. Sebagai smartphone yang tidak didukung fitur fast charging, kecepatan pengisian baterai dari 0% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan charger 2A bawaan dari paket penjualan.

 

 

 

Share