Heboh Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2, Smartphone 5Inch Murah di Indonesia

Share

Gadgetekno.com | Untuk awal tahun 2018, pergolakan smartphone Indonesia saat ini tengah ramai dengan kemunculan smartphone entry level dengan harga sejutaan namun spesifikasi mumpuni. Perusahaan dari Negeri Tirai Bambu menghadirkan smartphone Xiaomi Redmi 5A yang cukup mencuri perhatian dengan banerolan harga cukup murah. Namun tak berselang lama ponsel ini kedatangan pesaing berat yakni Nokia 2 yang baru dirilis di Indonesia dengan harga sejutaan. Lantas antara keduanya mana yang lebih tangguh?

Bagi sobat yang sedang mencari referensi smartphone 4G LTE dengan Android Nougat dan spek mumpuni, Redmi 5A maupun Nokia 2 Android ini dapat menjadi rekomendasi bagus. Keduanya sama-sama mengusung layar HD Seluas 5 inchi dengan didukung kamera selfie 5MP. Bukan hanya itu saja keduanya juga ditenagai baterai besar meskipun hadir sebagai ponsel low-end di pasar domestik.

Perbandingan Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2

Layar

Untuk bekalan layar, smartphone Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2 ini sama-sama mengusung layar lapang seluas 5.0 inchi yang telah membawakan resolusi HD 720 x 1280 pixels sehingga menawarkan kepadatan 294 ppi per inchinya. Layar tersebut mengusung panel IPS LCD capacitive touchscreen dengan jumlah pewarnaan mencapai 16 juta warna dan sama-sama didukung kaca lengkung 2.5D Curved Glass. Dengan banderolan harga terjangkau dua smartphone lintas vendor ini juga telah memiliki lapisan anti gores Corning Gorilla Glass.

Desain

Di sektor desain, keduanya memang memiliki dimensi yang tak jauh beda namun material bodi yang digunakan berbeda. Redmi 5A dengan harga lebih murah justru mengusung material metal pada bodinya dengan bobot mencapai 137 gram.Dimensinya mencapai 140.4 x 70.1 mm berketebalan 8.35 mm yang lebih ramping. Semnetara untuk Nokia 2 di Indonesia hadir dengan material keramik dalam bobot 161 gram serta berdimensi 143.5 x 71.3 x 9.3 mm. Keduanya memiliki empat sudut membulat sehingga nyaman saat digenggam.

Baca Juga :   Android ICS WCDMA Dan GSM Plus WiFi Archos 35 Carbon Harga Rp 1 Jutaan

Sistem Operasi

Sementara mengupas sistem pengoperasian yang terpasang dalam Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2 di Indonesia hadir dengan mengusung OS bawaan sama yakni Android OS v7.1 Nougat. Redmi 5A dibalut antarmuka MIUI 9 menawan dan belum diketahui apakah akan mendapat upgradde Android Oreo. Sementara Nokia2 hadir sebagai perangkat Pure Android dimana telah dijanjikan memperoleh update Android Oreo terbaru dalam antarmuka tak kalah menawannya.

Performa

Mengupas lebih dalam dapur pacu dalam perbandingan Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2 di Indonesia. Keduanya sama-sama memiliki processor 4 inti handal namun berpeda tipe dan RAM yang menyokongnya. Harga Xiaomi Redmi 5A yang lebih murah dipersenjatai processor Quad-core berkecepatan 1.4 GHz dari Qualcomm Snapdragon 425 lebih mumpuni dan pengolah grafis Adreno 308. Sementara Nokia 2 disokong processor Quad-core 1.3 Ghz dari chip Qualcomm Snapdragon 212 dalam visual grafis olahan Adreno 304. Kemampuan multitasking keduanya juga berbeda dimana Redmi 5A unggul dengan RAM 2 GB dibandingkan Nokia 2 Android dengan RAM hanya 1 GB saja.

Konektivitas

Di sektor konektivitas, perbandingan Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2 sama-sama mendukung fitur Dual SIM yang dapat disiagakan bersama-sama dan mendukung kemmapuan seluler lebih optimal. Bukan hanya itu saja dua ponsel entry level ini juga mendukung jaringan 2G GSM, 3G HSDPA dan jaringan 4G LTE sehingga memiliki kemampuan akses internet dalam speed HSPA Plus hingga LTE Cat4 150/50 Mbps yang cukup menjanjikan. Keduanya juga sama-sama menawarkan konektivitas GPRS, EDGE, Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth, microUSB, GPS navigasi, browser dan FM Radio. Namun Redmi 5A lebih mumpuni dengan dukungan konektivitas port Infrared dan USB OTG.

Baca Juga :   Droid X360

Kamera

Mengupas lebih dalam duel Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2 di Indonesia dengan target pasar menengah bawah. Pada bekalan kamera keduanya sebanding dengan membawa kamera depan 5 MP untuk selfie hanya saja kamera Nokia 2 didukung Screen Flash. Namun untuk kamera belakang, Redmi 5A unggul dengan membawakan kamera belakang beresolusi 13 MP dengan LED Flash dan Autofocus serta kemampuan merekam video berkualitas FullHD 1080p@@30fps. Sementara untuk kamera belakang Nokia 2 menawarkan lensa berkekuatan 8 MP didukung LED Flash dan Autofocus serta video recorder berkualitas HD 720p@30fps.

Memori dan Baterai

Dengan banderolan harga yang lebih terjangkau, lagi-lagi Xiaomi Redmi 5A unggul dengan membawa kapasitas penyimpanan yang lebih besar yakni 16 GB dibandingkan Nokia 2 dengan kapasitas internal 8 GB. Kendati demikian kedua ponsel low-end ini sama-sama mendukung perluasan memori eksternal hingga kapasitas mencapai 128 GB via microSD.

Untuk kapasitas baterai kali ini Nokia 2 menang telak dengan mengusung kapasitas yang lebih besar dari baterai Redmi 5A. Smartphone garapan HMD Global ini ditenagai baterai Li-Po berkapastas 4100 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 2 hari. Sementara Redmi 5A ditenagai baterai Li-Po berkapasitas 3000 mAh. Kedua baterai Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2 ini sama-sama bertipe Non Removable juga disempurnakan dengan fitur Quick charge.

Harga Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2
Kedua smartphone ini telah resmi dipasarkan dan dijual di Indonesia dengan target pasar kelas menengah kebawah. Harga Xiaomi Redmi 5A vs Nokia 2 dilepas terjangkau meskipun keduanya memiliki harga terpaut beberapa ratus ribu. Harga Xiaomi Redmi 5A di Indonesia dijual Rp 999.000 per unit dalam warna emas, abu-abu dan pink. Sementara harga Nokia 2 dilepas Rp 1.499.000 per unit
Share