Tips 10 Pertolongan Pertama Pada Smartphone Terendam Air!

Share

Gadgetekno.com | Pada perkembangan teknologi saat ini banyak  Smartphone flaghip yang dimunculkan dengan kemampuan tahan air atau water resistant. Namun kenyataannya, air tetap jadi salah satu ancaman yang menakutkan bagi para pengguna Smartphone.

Terlebih secara tak terduga ponsel kesayanganmu terendam di air, pasti kita mengira kalau ponsel itu sudah rusak atau kemungkinan sangat kecil untuk bisa kembali normal. Jangan khawatir dulu, berikut beberapa Tips Pertolongan Pertama Pada Smartphone Terendam Air, simak yuk tips berikut ini:

Smartphone kena airSegera Matikan Perangkat

Sesaat setelah ponsel terendam air, segera matikan. Sebab dalam kondisi yang masih menyala akan semakin meningkatkan resiko eror atau bahkan rusak.

Lepas Casing, SIM, dan Kartu Memori

Setelah kamu matikan, lepas casing beserta kartu SIM dan memory card yang juga wajib segera kamu lepaskan dari smartphone.

Lepas Baterai

Bagi yang ponselnya bertipe removable battery, segera mungkin lepaskan. Coba kamu keringkan sendiri alias terpisah dari perangkat.

Keringkah dengan Menggunakan Kain Halus yang Mudah Menyerap Air

Baca Juga :   Handphone Quad Core murah Xiaomi Red Rice Layar IPS 4.7 Inci Berlapis Gorilla Glass 2

Usai kamu lepas semua, keringkan menggunakan kain yang mudah menyerap air. Jika tidak ada kain, bisa gunakan tisu atau kanebo untuk mengeringkannya.

Pakai Alat Pengering

Meski sudah mengelapkan tapi belum yakin kalau ponsel sudah benar-benar kering, gunakan alat pengering misalnya hair dryer atau mini vacuum.

Rendam Pakai Beras

Tips Pertolongan Pertama Pada Smartphone Terendam Air selanjutnya yaitu rendam menggunakan beras. Meski terlihat unik, faktanya banyak orang yang menerapkan cara ini lho.

Coba Biarkan 1 Sampai 2 Hari

Ponsel yang baru saja nyebur ke air memang tak bisa digunakan langsung. Kamu harus bersabar dulu, atau kamu bisa gunakan ponsel cadangan lain.

Pasanglah Baterai dan Lalu Nyalakan

Setelah didiamkan selama 1 atau 2 hari, coba pasang semua komponen yang kamu lepas tersebut. Nyalakan, apakah ponsel masih dalam keadaan baik dengan menjajal fitur – fiturnya.

Masih Mati, Coba Cas

Lakukan hal ini dan lihat apakah baterai masih berfungsi dan mau mengisi daya. Seandainya masih gagal, coba kamu ganti dengan baterai lain.

Baca Juga :   Smartphone Sharp Pi Siap Dipasarkan Indonesia Bawa Kamera Ganda dan Fingerprint

Lakukan Pengawasan Selama Beberapa Hari

Bukannya tidak mungkin jika efek muncul setelah beberapa hari kemudian. Oleh karena itu tetap pantau terus keadaan Smartphone kamu.

Demikian Tips singkat untuk pertolongan pada baterai yang terendam air.

Share